Siswa YESS belajar Desain Kemasan dari Konsultan Jepang

BERBAGI

MAKASSAR, SULSELEKSPRES.COM – Siswa sekolah wirausaha muda “Young Entrepreneur School Sulawesi Selatan”  Diskop UKM Sulsel belajar desain produk dan kemasan dengan menghadirkan konsultan dari Jepang Mr. Orita Yushitaka, Sabtu (17/3/2018).

Kegiatan yang diikuti oleh puluhan siswa YESS bertujuan membekali siswa dasar-dasar desain produk dan pentingnya kemasan yang menarik sebagai  salah satu faktor utama dalam peningkatan mutu produk usaha.

Sebelum membahas materi kekuatan desain dalam pengembangan produk, Orita yang merupakan konsultan JICA (The Japan International Cooperation Agency) berbagi tentang beberapa karakter orang Jepang yang positif yang seharusnya ditiru generasi muda. Karakter itu seperti pekerja keras,bertanggungjawab dan kedisiplinan.

“orang Jepang begitu menghargai waktu. Di jepang,waktu sedetikpun sangat diperhatikan karena akan berpengaruh terhadap jadwal selanjutnya,”katanya.

Mr. Orita Yushitaka yang mengaku senang dipanggil  Eka ini  selanjutnya membahas  bagaimana penampilan sebuah kemasan mempunyai daya tarik,  baik secara visual (estetika) maupun daya tarik praktis (fungsional). Suasana kelas kadang menjadi riuh karena ada beberapa penyampaian lucu dari Mr.Orita,termasuk penyampaian yang kadang campur antara bahasa Jepang dan bahasa Indonesia. Untungnya ada penerjemah ibu Asnita dari Diskop UKM yang mendampingi.

Dikatakannya, kemasan yang unik diperlukan agar mendapatkan tanggapan pasar yang positif. Kemasan yang unik juga harus mampu mengkomunikasikan isi produk juga tentang informasi yang ada tentang produk,baik melalui visualisasi pada kemasan atau inovasi bentuk kemasan.

“Desain kemasan yang baik adalah kemasan sederhana, fungsional dan menciptakan respons emosional positif,” ujarnya, sambil memperlihatkan beberapa contoh desain kemasan yang menarik.

Bukan hanya teori, para siswa YESS juga diajak secaar langsung ke ruang rumah kemasan di UKM Center untuk melihat aneka kemasan produk serta proses pembuatannya. Harapannya para siswa punya dasar-dasar yang kuat dalam pengembangan produk yang berkualitas.

Penulis: Agus Mawan

loading...