Survei Menangkan DIAmi, CRC Pernah Gagal di Pilkada Takalar

BERBAGI

MAKASSAR, SULSELEKSPRES.COM – Lembaga Survei Celebes Research Center (CRC) memaparkan hasil risetnya terkait Pilwali Makassar 2018.

Hasilnya, elektabilitas petahana Moh Ramdhan Pomanto (DIAmi) mencapai 71,8 persen. Rivalnya yakni pasangan Munafri Arifuddin-Andi Rachmatika Dewi (Appi-Cicu) tertinggal jauh dengan elektabilitas hanya sebesar 18,8 persen.

Sebanyak 9,4 persen yang tidak tahu tidak jawab pada riset yang digelar 1-14 Maret ini.Survei ini dilakukan di 15 kecamatan dengan 1000 orang reaponden, margin error 2,9 persen.

BACA: Survei CRC: DIAmi 71,8 Persen, Appi-Cicu 18,8 Persen

Survei kali ini kembali mengingatkan hasil riset serupa dari CRC saat Pilkada Takalar tahun lalu. Dimana CRC kala itu memprediksi kuat petahana akan keluar sebagai pemenang.

CRC merilis pasangan Burhanuddin Baharuddin-Natsir Ibrahim (Bur-Nojeng) unggul telak dari sisi elektabilitas sebesar 61,3%. Sementara pasangan nomor urut 2 Syamsari Kitta-H. Ahmad Dg Se’re (SK-HD) hanya 29,8%.

Ironisnya karena rilis survei saat itu hanya berjarak kuran dari 10 hari jelang pencoblosan dilakukan. Dan hasil hitungan KPU malah menempatkan SK-HD sebagai pemenang, berbanding terbalik dari prediksi CRC.(*)

loading...