DPRD Banjar Belajar SKTB di Gowa

BERBAGI

GOWA, SULSELEKSPRES.COM – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa menerima Kunjungan Kerja (Kunker) Anggota Komisi IV DPRD Kabupaten Banjar, Provinsi Kalimantan Selatan. Penerimaan rombongan berlangsung di Baruga Krg Pattinggaloang, Kantor Bupati Gowa, Kamis (22/3/2018).

Sekretaris Daerah Kabupaten Gowa, H Muchlis menerima kedatangan rombongan yang dipimpin oleh Wakil Ketua DPRD Kabupaten Banjar, Muhammad Iqbal Khallilurrahman. Rombongan terdiri dari anggota Komisi IV dan Sekretaris Dinas Pendidikan serta pegawai Sekretariat Dewan DPRD Banjar.

Menurut Muhamammad Iqbal tujuan datang ke Kabupaten Gowa untuk menimba ilmu tentang sistem pendidikan yang ada di Gowa. ”Kami tahu Gowa merupakan daerah yang sangat mendukung sektor pendidikan. Kami tidak salah memilih daerah lokus untuk mempelajari sistem pendidikan untuk kemajuan dunia pendidikan di daerah kami,” jelasnya.

Muchlis menyambut hangat kedatangan tamunya ini, pada sambutan penerimaannya Sekda Gowa menjelaskan APBD Kabupaten Gowa tahun 2018 telah menembus angka Rp 1,7 Triliun. Kabupaten Gowa memiliki 5 (lima) program prioritas, yakni bidang pendidikan, bidang kesehatan, bidang pertanian dan bidang UMKM serta bidang infrastruktur.

“Terkhusus untuk bidang pendidikan, pemerintah daerah memiliki visi menjadikan Gowa sebagai Kabupaten Pendidikan pertama di Sulawesi Selatan dan Indonesia. Untuk mewujudkan cita-cita tersebut maka berbagai macam terobasan-terobosan dan program prioritas dikembangkan di bidang pendidikan, antara lain Pendidikan Gratis, Sistem Kelas Tuntas Berkelanjutan, Investasi SDM Seperempat Abad dan penyempurnaan calistung atau lebih dikenal dengan program IMTAQ Indonesia,” beber Muchlis dalam sambutannya.

“Dalam rangka meningkatkan kualitas hidup masyarakat melalui bidang pendidikan, Kabupaten Gowa telah menjalankan program wajib belajar sesuai dengan PERDA Kabupaten Gowa Nomor 10 tahun 2009 dan didukung PERDA Kabupaten Gowa Nomor 8 tahun 2013 tentang Pendidikan Gratis. Sebagai bentuk inovasi pendidikan, Pemerintah Kabupaten Gowa menerapkan Sistem Kelas Tuntas Berkelanjutan (SKTB) sesuai PERDA Gowa Nomor 10 tahun 2013 yang tidak mengenal tinggal kelas,” tambah Muchlis.

Turut hadir dalam kunjungan kerja tersebut Asisten Bidang Administrasi Umum, Firman Djamaluddin dan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Gowa, H Salam.(adv)

loading...