Timsel Gelar Tes Bebas Narkoba Pada Anggota KPU Sulsel

BERBAGI
Illustrasi.(Sulselekspres.com)

MAKASSAR, SULSELEKSPRES.COM – Tim Seleksi (Timsel) calon anggota KPU Provinsi Sulsel telah melakukan pemeriksaan kesehatan bebas narkoba terhadap 42 calon komisioner KPU Sulsel.

Pemeriksaan dilakukan oleh Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Sulsel sejak 19 hingga 22 Maret 2018.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat BNNP Sulsel, Jamaluddin mengungkapkan pihaknya telah merampungkan pemeriksaan kesehatan bebas narkoba dengan tes urine 42 calon komisioner.

BACA: Hasil Skoring Tes CAT Calon Anggota KPU Sulsel, Incumben Dominan

“Sudah (Diperiksa) karena ini menjadi persyaratan mereka untuk mendaftar. Jadi kalau ada hasilnya negatif atau positif kita serahkan kepada yang bersangkutan (Timsel),” kata Jamaluddin saat dihubungi, Kamis (22/3/2018).

Ia menjelaskan BNN melakukan pemeriksaan secara objektif. Jika dari hasil pemeriksaan ada yang terindikasi menggunakan narkoba. Maka pihaknya akan menyerahkan sepenuhnya kepada Timsel. Terkait lolosnya atau tidak.

“Kalau ada yang terdeteksi (positif) akan dibuatkan surat kepada Timsel. Tergantung dari timsel mau diterima atau tidak (loloskan atau tidak),” ujarnya.

Sementara Ketua Tim Seleksi (Timsel) Calon Anggota KPU Sulsel, Basti Tetteng mengatakan apabila ditemukan adanya calon anggota KPU Sulsel yang terbukti positif mengkonsumsi Narkoba, maka pihaknya akan menindak tegas bahkan mencoret dari proses seleksi.

“Nanti kita lihat hasilnya, tapi berdasarkan keterangan dari dokter yang memeriksa kalau ada yang ditemukan mengkonsumsi narkoba kita akan tindak tegas,” ujar Basti Tetteng.

Basti juga mengatakan jika ada laporan masyarakat terkait calon anggota KPU Sulsel yang punya rekam jejak mengkonsumsi narkoba, maka hal itu menjadi catatan khusus bagi Timsel.

“Tapi bukan persepsi yah, bukan dugaan saja. Harus ada bukti. Kan repot juga kalau cuma persepsi,” katanya.

Penulis: Abdul Latif

loading...