5 Cara Unik Atasi Masalah Asam Lambung

BERBAGI
Illustrasi/Int

SULSELEKSPRES.COM – Apakah ada cara yang mudah untuk mengendalikan masalah asam lambung ini? pertanyaan satu ini sering dilontarkan banyak orang.

Banyak orang yang mengaku cukup kerepotan dan menderita saat asam lambung naik. Bagaimana tidak, perut dan dada akan terasa sangat tidak nyaman sehingga kita sulit untuk berpikir jernih atau melakukan berbagai aktivitas.

Dikutip dari Best Health Mag dari halaman doktersehat, ternyata ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mengatasi masalah asam lambung, berikut ini penjelasannya.

Berhenti merokok

Banyak perokok yang tidak menyadari jika salah satu penyebab masalah asam lambung dalam tubuhnya adalah kebiasaan merokoknya. Karena alasan inilah ada baiknya mereka harus berhenti merokok. Selain itu, penderita masalah asam lambung juga sebaiknya tidak sembarangan dalam mengonsumsi kopi, makanan pedas, atau makanan bersantan.

Kenali kapan asam lambung ini muncul

Cobalah cermati apa yang kita makan sebelumnya sehingga menyebabkan masalah asam lambung ini muncul. Sebagai contoh, kita mengonsumsi jeruk bali saat sarapan atau es krim cokelat di malam hari. Cobalah untuk menghindari asupan makanan yang dianggap bisa memicu masalah asam lambung di waktu-waktu tersebut.

Tidurlah dengan bantal yang lebih tinggi

Seringkali masalah asam lambung ini muncul sebelum kita tidur malam, khususnya jika kita mengonsumsi makanan dalam porsi besar saat makan malam. Demi mencegah hal ini terjadi, cobalah untuk menambah bantal di atas kepala saat berada di kasur demi mencegah asam lambung naik.

Jangan memakai celana ketat

Tahukah anda jika celana ketat, khususnya jeans ketat ternyata bisa membuat perut tertekan? Hal ini bisa membuat asam lambung naik ke kerongkongan. Ada baiknya kita memakai celana yang jauh lebih nyaman demi mencegah masalah kesehatan ini.

Makanlah dengan porsi yang lebih sedikit

Agar tidak terkena masalah asam lambung, cobalah untuk mengonsumsi makanan dengan porsi yang lebih sedikit sehingga akan lebih mudah dicerna oleh perut.

loading...