Begini Persiapkan KPU Jelang Debat Kandidat 

BERBAGI

MAKASSAR, SULSELEKSPRES.COM – Jelang debat kandidat pada hari, Rabu (28/3/2018) Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulsel sudah siap semuanya untuk empat kandidat Pilgub Sulsel.

Tentunya, persiapkan sejumlah langkah teknis, sebagai pemanasan atau finalisasi, guna mempermantap jalanya adu program dan visi-misi.

“Sudah final Debat kandidat tanggal 28. Tentu pembahasan soal visi-misi dan program paslon,” kata Komisioner KPU Sulsel, bidang Teknis Misna M Attas usai rapat teknis di KPU, Senin (26/3/2018.

Materi dalam debat kandidat itu, yakni mengenai pembangunan beriorentasi pada ekonomi kerakyatan dan kesejahteraan rakyat. Peningkatan pelayanan publik sosial, berkeadilan, dan bermartabat, dan penguatan kearifan lokal yang memperkokoh ideologi bangsa NKRI.

Adapun empat pasangan calon Gubernur yakni. Nurdin Abdullah dan Andi Sudirman Sulaiman (NA-ASS), Nurdin Halid dan Aziz Qahhar Mudzakkar (NH-Aziz), Ichsan Yasin Limpo – Andi Mudzakkar (IYL-Cakka) dan Agus Arifin Nu’mang bersama pendampingnya, Tanribali Lamo, (Agus-TBL).

Misna menjelaskan, demi menjaga keamanan dan kenyamanan jalanya debat. KPU telah bersepakat membatasi jumlah massa paslon yang akan masuk dalam area kegiatan saat debat kandidat berlangsung.

Jumlah massa yang dibolehkan masuk dalam kegiatan itu sebanyak 75 orang. Alasannya, disesuaikan dengan jumlah kapasitas tempat dan juga untuk mengantisipasi terjadinya konflik antar sesama pendukung calon.

“Demi menjaga kondusif jalanya debat. Jumlah massa yang dibolehkan masuk dalam kegiatan itu sebanyak 75 orang,” katanya.

Sementara itu, Humas KPU Sulsel, Asrar Marlang mengatakan, KPU telah mengantisipasi sejumlah hal soal berlangsungnya perhelatan debat tersebut.

“Termasuk yel-yel masing-masing Paslon yang menganggu jalannya debat,” singkatnya.

Sekadar diketahui, saat ditanya, panelis yang dilibatkan untuk memberikan tanggapan atau pernyataan kepada moderator untuk memberikan pertanyaan kepada kandidat. Pihak KPU enggan  menyebut nama penalis dengan alasan masih rahasia.

Ddebat rencana akan digelar di Hotel Clarion, Makassar. Acara berlangsung pukul 19.30 WITA dengan durasi 150 menit, bisa disaksikan di layar kaca Kompas TV.

Penulis: Abdul Latif

loading...