Cakka Temui Tokoh Adat Tolotang di Sidrap

BERBAGI

SIDRAP, SULSELEKSPRES.COM – Kandidat Wakil Gubernur Sulsel Andi Mudzakkar, menjumpai tokoh adat Tolotang, Wa Kulle, di Desa Buae, Kecamatan Watampulu, Kabupaten Sidrap, Minggu (25/3/2018).

Saat didatangi Cakka, Wa Kulle kebetulan berada di kolong rumah bercengkerama dengan tetangganya. Dia masih menggunakan celana pendek. Begitu melihat Cakka menghampirinya, dia nampak beranjak dari tempat duduknya.

“Santai maki Wa (sapaan akrab Wa Kulle). Sippada muakki,” kata Cakka dalam bahasa bugis yang kurang lebih maknanya kita sama.

Cakka bercerita, di rumah jabatannya di Belopa, Kabupaten Luwu, Cakka melarang Satpol PP menjaganya. Siapa saja boleh berkunjung selama 24 jam.

“Rumah jabatan ibarat indekos bagi saya. Bedanya, saya dibayarkan oleh negara. Karena itu semua bebas masuk. Rujab itu kan milik rakyat,” kata suami dari Andi Tenrikarta diberbagai kesempatan.

Cakka juga menyebut bahwa seorang pejabat itu tak boleh silau dengan jabatannya. Dia juga membatasi anak- anaknya untuk tidak terlalu dekat dengan kekuasaan.

Makanya, putra tertuanya, Andi Ahfad Mudz, yang jebolan Sekolah Tinggi Pemerintahan Dalam Negeri ( STPDN) memilih bertugas di Provinsi Bali.

“Saya tanamkan kepadanya untuk mandiri. Biarkan dia berusaha sendiri di tempat lain,” urainya.

Penulis: Muhammad Adlan

loading...