Menanti Kejutan Andi Sudirman Sulaiman Dipanggung Debat Pilgub Sulsel

BERBAGI
Andi Sudirman Sulaiman.(int)

MAKASSAR, SULSELEKSPRES.COM – Sosok Andi Sudirman Sulaiman bakal menyita perhatian jelang perhelatan debat Pilgub Sulsel, Rabu malam (28/3/2018).

Terlebih karena posisinya sebagai anak muda, sekaligus pendatang baru di panggung politik. Diantara 7 kandidat calon gubernur dan wakil gubernur lain, figur wakil dari Nurdin Abdullah ini terbilang paling minim pengalaman politik, jika diukur dari kiprah figur-figur lain.

Pasangannya Nurdin Abdullah merupakan Bupati Bantaeng dua periode. Ichsan Yasin Limpo dan wakilnya Andi Mudzakkar juga kepala daerah dua periode. Agus Arifin Nu’mang adalah wakil gubernur selama 10btahun terakhir, dan pendampingnya Tanribali Lamo pernah menjadi Pjs Gubernur di tiga daerah berbeda.

Baca Juga:

Mengenal Andi Sudirman Sulaiman, Pendamping Baru Nurdin Abdullah

Elektabilitas Andi Sudirman Sulaiman Ungguli Cakka dan Aliyah

Mitos Dibalik Nomor Urut Kandidat di Pilgub Sulsel

Sementara, Nurdin Halid dikenal sebagai politisi senior dengan kiprah yang sudah menasional. Wakilnya Aziz Qahar Mudzakkar sudah matang pengalaman dalam panggung debat lantaran sudah ketiga kalinya maju di Pilgub.

Andi Sudirman Sulaiman saat dihubungi melalui WhatsAppnya mengaku tak terbebani bakal berhadapan dengan politisi senior dalam panggung debat nantinya. Dirinya disebut tegah bersantai dengan calon gubernur Sulsel Prof. Nurdin Abdullah, di anjungan Pantai Losari, Jalan Penghibur Makassar, Selasa (27/3/2018).

“Kami bersantai bersama di (Pantai) Losari (Bersama Prof. Nurdin Abdullah),” singkat adik kandung Mentri Pertanian, Amran Sulaiman itu, (27/3/2018).

Baca: Jubir NH-Aziz Sebut Andi Sudirman Sulaiman Cawagub Rental

Kehadiran Andi Sudirman dalam panggung politik Sulsel sejak awal memang telah diragukan.

Salah satunya Juru Bicara (Jubir) pasangan Nurdin Halid-Aziz Kahar (NH-Aziz), Risman Pasigai menyebut Andi Sudirman Sulaiman (Andalan) sebagai “Cawagub Rental” di Pilgub Sulsel.

Penyebutan “Cawagub rental” karena menurut politisi Golkar Sulsel, adik menteri pertanian Amran Sulaiman itu, tak layak maju di Pilgub. Sebab tak memiliki pengalaman dan modal sosial.

Baca: Tiga Alasan Amran Sulaiman Layak Maju di Pilpres

Majunya Andi Sudirman Sulaiman di Pilgub Sulsel diduga hanya untuk mengakomodir kepentingan cukong yang bermain di belakang layar.

“Karena dia tidak lahir dari dinamika politik, tetapi dia lahir dari kesepakatan cukong-cukong politik yang bermain di belakang layar,” kata Risman Pasigai, saat ditemui di Hotel Grand Clarion Makassar, Senin (26/3/2018).

Politisi Golkar Sulsel ini, menuturkan majunya Andi Sudirman Sulaiman di Pilgub Sulsel menjadi tanda tanya besar. Karena selain diduga akomodir kepentingan cukong, Andi Sudirman Sulaiman hanya mengandalkan Amran Sulaiman untuk maju berpasangan dengan Nurdin Abdullah.

“Itu Andi Sudirman Sulaiman bukan dirinya yang mau maju di Pilgub. Tetapi keinginan cukong-cukong yang berkepentingan,” ujarnya.

“Sebenarnya ini tipu-tipu politik. Karena masa ada calon yang didorong orang yang tidak punya pengalaman dan kemampuan. yah, wajar kalau disebut Cawagub rental,” pungkasnya.

Penulis: Abdul Latif

loading...