Mengenal Soni Sumarsono, Gubernur Baru Pengganti SYL

BERBAGI
Foto: Internet

MAKASSAR, SULSELEKSPRES.COM – Soni Sumarsono resmi ditunjuk sebagai pelaksana tugas Gubernur Sulsel menggantikan Syahrul Yasin Limpo (SYL).

Penunjukan Soni disebut telah melalui pembahasan di Dirjen Otonomi, Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri).

Soni bakal dilantik pada 9 April mendatang, tepat saat SYL mengakhiri masa jabatan dua periodenya sebagai Gubernur Sulsel.

BACA: Saksikan Live Streaming Debat Pilgub Sulsel, Pertarungan Para Jagoan Disini

Dalam dunia birokrasi pemerintahan, nama Soni tentu saja tidak asing lagi. Dia sempat bertugas sebagai Pelaksana Tugas Gubernur DKI Jakarta yang dilantik pada 26 Oktober 2016 lalu saat petahana Basuki Cayaha Purnama cuti kampanye.

Soni lahir di Kota Tulungagung, Jawa Timur, 22 Februari 1959 silam. Merupakan salah satu pejabat Eselon I Kementerian Dalam Negeri. Lulusan dari Universitas Gajah Mada. Soni bekerja di Departemen Dalam Negeri sebagai Direktorat Jenderal Otonomi Daerah, Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia.

Soni bakal menjabat hingga adanya penetapan dan pelantikan Gubernur Sulsel baru nantinya.

Sebelumnya, SYL sempat mengutarakan harapannya terkait pejabat gubernur pengganti dirinya. “Penjabat Gubernur Sulsel harus yang lebih senior yang berpengalaman dan pantas menjabat di Sulsel,” ungkap Syahrul beberapa waktu lalu.

Biodata

Nama Lengkap : Dr. Soni Sumarsono, MDM
Tempat/ Tanggal lahir : Tulungagung, 22 Februari 1959

Pendidikan:
S1 : Fisipol Universitas Gadjah Mada
S2 : Asian Institute Manajement (AIM) Manila, Philipina
S3 : Manajemen Pendidikan Universitas Negeri Jakarta

Penulis: Abdul Latif

loading...