Begini Harapan Bupati Adnan saat Lepas 415 Mahasiswa KKN UINAM

BERBAGI

GOWA, SULSELEKSPRES.COM– Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan melepas 415 Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) UIN Alauddin Makassar (UINAM), di Baruga Karaeng Galesong, Kantor Bupati Gowa. Kamis (29/3/2018) siang.

Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) UIN Alauddin Makassar, Gazali Suyuti mengatakan, Pelaksanaan KKN akan berlangsung selama 45 hari kedepan. Mahasiswa yang terdiri dari berbagai jurusan ini akan menempati empat kecamatan di Kabupaten Gowa.

“415 mahasiswa ini akan disebar diempat Kecamatan dataran tinggi yaitu di Kecamatan Tompobulu, Bontolempangan, Tombolopao dan Manuju,” tuturnya.

Menurutnya, mahasiswa yang akan ber KKN di Gowa telah memiliki program kerja dengan bidang ilmu masing-masing, dan setibanya di lokasi KKN mereka langsung melakukan survei lapangan.

“Mereka akan melakukan, survey dan seminar bersama para desa, dan komponen masyarakat, kemudian perwakilan kelompok akan melakukan pertemuan kepada Camat untuk memperkenalkan program mereka,” jelas Kepala LP2M UIN Alauddin.

Dia berharap KKN angkatan kali ini bisa sama dengan pendahulunya, bahkan lebih bagus lagi kinerjanya.

Tidak hanya itu saja, Gazali juga berharap Mahasiswa KKN ini perlu belajar dengan para tokoh-tokoh masyarakat, dan belajar kepada masyarakat itu sendiri, sehingga ilmu yang didapatkan akan kembali dibawa ke kampus dan menjadi bekal bagi mereka yang ingin menjadi seorang pemimpin,” tambahnya lagi.

Sementara itu, Bupati Adnan mengatakan Mahasiswa merupakan kaum intelek, dan yang kita sandang adalah Mahanya. Maha itu tidak bisa dimaknai dengan kata-kata apapun, karena menyandang kata Maha, berarti merekalah agen perubahan bangsa ini.

“Kalianlah yang akan menentukan masa depan dari daerah ini, masa depan dari Provinsi, bahkan masa depan dari bangsa Indonesia.Jadikan KKN ini sebagai tempat belajar membentuk karakter guna menjawab tantangan dimasa yang akan datang,” ujar Bupati termuda di KTI ini.

Selain itu, dia juga menjelaskan letak geografis Kabupaten Gowa. “Kabupaten Gowa ini merupakan Kabupaten penyanggah karena berbatasan langsung dengan sembilan Kabupaten/kota di Sulawesi Selatan, terdiri dari 18 Kecamatan, 127 Desa/kelurahan, 675 dusun ,” jelasnya dihadapan para Mahasiswa KKN ini.

Diakhir sambutannya, Adnan berharap Mahasiswa KKN UIN Alauddin dapat memperoleh ilmu yang berguna serta betah didaerah wilayahnya, karena masyarakat Gowa sangat ramah dan bersahabat.(Adv)

loading...