KPU Parepare Sukses Gelar Debat Kandidat Putaran Pertama

Suasana pasca Debat Kandidat Putaran Pertama Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Parepare

BERBAGI
Suasana pasca Debat Kandidat Putaran Pertama Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Parepare selesai/SULSEL EKSPRES/LUKI AMIMA

PAREPARE, SULSELEKSPRES.COM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Parepare, sukses menggelar Debat Kandidat Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Parepare putaran pertama. Debat dilaksanakan di Gedung Islamic Centre, Kamis (29/03/2018).

Kegiatan dipandu DR. Muhammad Iqbal Sultan, M.Si., yang merupakan Ketua Departemen Ilmu Komunikasi dan Praktisi Public Speaking dan Peneliti UNHAS Makassar. Adapun, yang bertindak sebagai panelis di antaranya Prof. DR. Sufirman Rahman, S.H., M.H., dari UMI Makassar, DR. Ramli, dari UNHAS Makassar, dan DR. Anas Iswanto, S.E., MA., dari UNHAS Makassar.

BACA: Video: Komisioner KPU, Wartawan dan Elite Partai Dilarang Masuk Ruang Debat Pilgub Sulsel

Debat dihadiri langsung Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Parepare nomor urut satu dan dua, Taufan Pawe-Pangerang Rahim dan Faisal Andi Sapada-Asriady Samad. Debat berjalan dengan seru dan menegangkan selama kurang lebih 90 menit.

Muhammad Iqbal Sultan memaparkan, debat dibagi dalam enam segmen di antaranya pertama penyampaian visi misi maupun program kerja secara umum, kedua pendalaman visi misi, ketiga pendalaman tema dan pertanyaan yang telah diberikan oleh panelis, dan saling ditanggapi oleh masing-masing paslon, keempat paslon saling bertanya dan menanggapi, kelima menjawab pertanyaan dari panelis, dan keenam saling mempromosikan diri.

“Pada segmen terkahir masing-masing paslon juga diberikan kesempatan, untuk mengungkapkan masa-masa romantisnya,” katanya.

Sementara, Ketua KPU Parepare, Nur Nahdiyah mengatakan, debat kandidat terkuat merupakan bagian dari tahapan kampanye yang difasilitasi KPU Parepare. Harapannya, kata dia, paslon mampu memperlihatkan visi misi yang telah diserahkan, untuk disampaikan kepada masyarakat. Sehingga, katanya, masyarakat dapat memilih pemimpin sesuai keinginan masing-masing.

“Kami bersyukur karena debat berjalan dengan lancar, tertib dan aman. Masing-masing pendukung paslon mampu menjaga situasi selama kegiatan berlangsung,” ungkapnya.

Dia berharap, Pilkada Parepare tetap dapat menjadi barometer dan terbaik yang ada di Sulsel. Oleh karena itu, tambah dia, pihaknya meminta dukungan kepada seluruh lapisan masyarakat, untuk menjaga proses pelaksanaan Pilkada, supaya berjalan aman dan lancar.

Penulis : Luki Amima

loading...