NH-Aziz: TNI Dominasi Program Kerja Mentan

BERBAGI
Pasangan Nurdin Halid-Aziz Qahhar (NH-Aziz)

MAKASSAR, SULSELEKSPRES.COM – Juru Bicara Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Nurdin Halid- Aziz Qahar Muzakar (NH- AZIZ), Muhammad Natsir mengatakan, program kerja milik Menteri Pertanian (Mentan), terlalu banyak didominasi oleh TNI.

“Program yang dijalankan oleh Mentan yang bekerja sama dengan TNI iya dominasi tentu, dominasinnya pada TNI,” kata Muhammad Natsir, saat dihubungi melalui telepon selulernya, Jumat (30/3/2018).

Sebab, menurutnya, pemerintah kabupaten hingga ke tingkat desa tidak hanya mengunakan TNI saja dalam membangun kampung, harusnya semua elemen perlu dilibatkan.

“Kita harapkan ke depan dominannya kepada masyarakat kampung. Pemerintahan daerah tidak melibatkan satu unsur saja atau pemerintah pusat tidak hanya melibatkan TNI saja,” tegas mantan aktivis HMI Sulselbar itu.

Baca juga: NA Tanyakan Kemiskinan, NH: Tak Perlu Libatkan Tentara

Oleh karena itu, semua unsur pembangunan harus dilibatkan, baik unsur pemerintah desa, masyarakat lokal dan seluruh stakeholder yang ada di desa, baik di Sulsel maupun di seluruh Indonesia.

“Tetapi pengelolaan atau bangun kampung itu mungkin dikelola oleh Bumdes (Badan Usaha Milik Desa) nya, dikelolah oleh kabupaten nya berkoordinasi dengan Provinsi,” pungkasnya.

Meski demikian, bukan berarti TNI tidak dilibatkan dalam pembangunan Indonesia dari desa itu, sebab selama ini selalu didominasi oleh TNI.

“TNI juga termasuk di dalamnya, tapi bukan salah satunya saja. Bukan dominasi jadinya,” tutupnya.

Sebelumnya, Nurdin Halid saat debat perdana kandidat calon gubernur dan wakil gubernur Sulsel, di Grand Hotel Clarion, Jalan Landak Baru Makassar, Rabu (28/3/2018) mengatakan, pembangunan Indonesia harus dimulai dari desa.

Namun, pembangunan selama ini hanya berlaku untuk segelintir orang dan kelompok saja, padahal seharusnya diperuntukkan seluruh masyarakat khususnya di Sulsel.

“Kita akan menjadi rumahnya semua masyarakat Sulsel, bukan rumahnya untuk segelintir orang,” kata mantan Ketua Harian DPP Partai Golkar itu.

Pada kesempatan itu pula, Nurdin Halid menegaskan, bila mau pembangunan di tingkat desa merata dan berkembang, maka harus diperbaiki Bumdesnya.

“Salah satu cara adalah menjadikan Bumdes dan panen raya masyarakat untuk mengembangkan ekonominya. Kita tidak libatkan TNI, cukup kita bersama dengan masyarakat,” tegas Ketua Plt Golkar Sulsel itu.

Penulis: Abdul Latif

loading...