Unhas Gandeng BUMN Untuk Dirikan Hotel

BERBAGI
Penandatanganan Nota Kesepahaman Unhas dengan PT. Nindya Karya, segera merealisasikan pembangunan hotel Universitas Hasanuddin/ IST

MAKASSAR, SULSELEKSPRES.COM – Unhas mengandeng PT. Nindya Karya, segera merealisasikan pembangunan hotel Universitas Hasanuddin.

Kerja sama kedua pihak ditandai melalui penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antar Rektor Unhas, Prof. Dwia Aries Tina Pulubuhu dan Direktur Pemasaran dan Pengembangan PT. Nindya Karya Tbk, Haedar A. Karim, yang juga merupakan Ketua Umum Ikatan Alumni Teknik (IKA Teknik) Unhas, Kamis, (29/3/2018),di Lantai 8 Gedung Rektorat Unhas.

Haedar A. Karim, mengakui, bahwa gagasan dari pembangunan hotel ini sebenarnya didasari oleh kepedulian alumni Unhas.

“Unhas ini telah menjadi PTN Badan Hukum dan memiliki tantangan untuk membangun unit bisnis agar bisa membiayai operasional kampus. Saya kemudian berpikir, sebagai alumni Unhas saya merasa malu kalau tidak dapat membantu almamater saya. Jadi, pembangunan hotel ini memang memiliki sisi bisnis. Tapi tidak hanya itu. Yang paling penting untuk dilihat dari kerja sama ini adalah kontribusi alumni bagi almamaternya,” akunya.

Hingga kini, pembangunan hotel Unhas memasuki tahap perencanaan bisnis antar kedua belah pihak, baik PT. Nindya Karya maupun Unhas sendiri.

Selain itu, keseriusan PT. Nindya Karya dapat terlihat dari proses cepat yang telah dilakukan.

“Sebelum MoU ini kami sudah melakukan pra-FS (feasibility study/studi kelayakan, -pen). Selanjutnya, dengan MOU ini kita memiliki dasar untuk memperoleh persetujuan Komisaris,” papar Haedar.

Sementara Dwia, dalam sambutannya, Ia sangat mengapresiasi atas kontribusi Haedar.

“Unhas ini besar, punya banyak aset. Tapi tidak mungkin kita kembangkan sendiri. Kita butuh mitra. Ada banyak mitra yang pernah mengajukan tawaran kerja sama, tetapi kita harus hati-hati, jangan sampai keliru memilih mitra yang hanya mementingkan diri sendiri dan mau memanfaatkan Unhas. Nah, kebetulan ini ada alumni yang mau berkontribusi, maka saya yakin alumni pasti akan memberi yang terbaik untuk almamaternya,” papar Dwia.

Sebelum acara penandatanganan MoU, sebelumnya telah ada proses pemaparan rencana awal oleh tim dari PT. Nindya Karya beberapa waktu lalu. Ketika itu, Unhas menyampaikan beberapa aspirasi, termasuk keinginan Rektor agar bisa menjadi pemegang saham mayoritas. Gagasan tersebut langsung diamini oleh Nindya Karya.

Setelah penandatanganan MoU, Kepala Unit Humas dan Protokol Unhas, Ishaq Rahman menjelaskan, baik Unhas maupun Nindya Karya akan segera mengadakan proses internal di lembaga masing-masing.

“Khusus untuk Unhas, Rektor akan segera mengajukan permintaan persetujuan dari Majelis Wali Amanat. Apalagi proses ini berjalan lancar, maka sesuai MoU, Unhas dan Nindya Karya akan membentuk tim bersama yang beranggotakan dari masing-masing pihak dengan melibatkan juga operator hotel,” ungkap Ishaq dalam keterangan tertulisnya.

“Rektor Unhas berharap, dalam kerja sama ini, Unhas akan menjadi pemegang saham mayoritas,” ringkasnya.

Penulis: Agus Mawan

loading...