Sering Mencuci Muka? Waspada Jerawat

BERBAGI
Ilustrasi Perawatan Wajah/ INT

SULSELEKSPRES.COM – Mencuci muka adalah salah satu langkah yang dilakukan untuk membersihkan kotoran dari wajah. Kebersihan wajah bisa menjadi salah cara menghindarkan wajah dari jerawat. Sebagian orang bahkan rela melakukan upaya maksimal agar tidak mengalami jerawat.

Namun, jika terlalu sering mencuci muka, hal itu justru menjadi kesalahan besar dalam proses perawatan wajah. Semakin sering Anda mencuci muka justru akan membuat kulit iritasi dan merangsang produksi minyak berlebih (sebum).

Dilansir dari hellosehat.com, menyebutkan batasi ritual cuci muka cukup 2 kali sehari, pagi dan malam hari. Jika Anda hanya beraktivitas dalam ruangan, tidak memakai makeup, dan tidak berkeringat terlalu banyak, cukup bilas muka dengan air hangat di malam hari.

Apakah ini berarti Anda boleh bolos cuci muka di pagi hari? Tentu tidak. Ketika Anda tidur, kulit wajah Anda melakukan ritual pembersihan diri, mendorong limbah dan kotoran sisa keluar melalui kelenjar keringat dan pori-pori. Tetap ada residu sampah yang tersisa pada kulit Anda di pagi hari. Jadi ya, Anda harus mencuci muka dua kali sehari.

Selain itu, menggunakan produk perawatan wajah harus selektif.

Pembersih muka yang bagus harus benar-benar menghilangkan segala jenis kotoran, sisa makeup, dan debu yang menempel, namun tidak melucuti terlalu banyak minyak alami dan sel-sel kulit sehat Anda. Pilih produk pembersih yang tidak terlalu ringan (yang membuat Anda merasa harus cuci muka dua kali sebelum terasa bersih), tapi juga tidak terlalu keras (membuat wajah iritasi atau kering dan kencang setelah cuci muka).

loading...