Ikan Tuna Sehatkan Jantung

BERBAGI
Ilustrasi Ikan Tuna/ INT

SULSELEKSPRES.COM – Bagi Anda penggemar sumber protein dari laut, tentu tidak asing lagi dengan Ikan Tuna. Namun, juga ada orang yang tidak suka memakan Ikan atau memilih Ikan Jenis tertentu.

Ikan Tuna memiliki segudang manfaat, terutama bagi Jantung. Dilansir dari hellosehat.com, lemak sehat yang dikandung dalam tuna sangat bermanfaat bagi kesehatan jantung.

Tuna mengandung lemak jenuh yang rendah. Lemak ini yang memiliki efek dapat menyumbat pembuluh darah dan membuat Anda memiliki risiko mengalami penyakit kardiovaskular.

Sementara itu, ikan tuna tinggi akan kandungan lemak omega-3 jenis EPA dan DHA yang mampu mencegah peradangan di dalam tubuh. Peradangan yang terjadi dalam tubuh dapat merusak pembuluh darah dan menyebabkan penyakit jantung dan stroke.

Asam lemak omega-3 bentuk EPA dan DHA ini juga dapat menurunkan juga kadar trigliserida, sedikit menurunkan tekanan darah, mengurangi terjadinya pembekuan darah, mengurangi risiko stroke, dan gagal jantung.

Dilansir dalam laman Harvard Medical School, sebanyak 85 gram ikan tuna kaleng mengandung 500 mg lemak omega-3. Jadi, sebaiknya konsumsi ikan setidaknya 1-2 porsi seminggu, terutama ikan yang kaya asam lemak seperti tuna dapat mengurangi risiko terjadinya penyakit jantung.

Di Indonesia, Ikan Tuna memang sangat mudah didapat, sehingga bagi Anda yang ingin merawat Jantung Anda, namun tidak suka dengan Ikan Tuna, sebaiknya Anda pertimbangkan lagi, untuk bisa segera mengonsumsi Ikan ini. Namun demikian, tetaplah agar tidak berlebihan dalam mengonsumsinya.

 

loading...