Abdul Latif Komitmen Tingkatkan IPM Warga Pinrang

BERBAGI
Calon Bupati Pinrang nomor urut satu, Abdul Latif/SULSEL EKSPRES/LUKI AMIMA

PINRANG, SULSELEKSPRES.COM – Calon Bupati Pinrang nomor urut satu, Abdul Latif, berkomitmen akan meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) masyarakat Kabupaten Pinrang, jika terpilih menjadi Bupati Pinrang selama lima tahun ke depan.

Hal tersebut, diungkapkan Latif, Kamis (5/4/2018). Latif mengatakan, IPM dibentuk oleh tiga dimensi dasar yakni, pengetahuan, standar hidup yang layak, serta hidup sehat dan umur panjang.

BACA: Petani Patampanua Apresiasi Program Abdul Latif Dibidang Pertanian

Latif memaparkan, IPM merupakan indikator penting untuk mengukur keberhasilan, dalam upaya membangun kualitas hidup masyarakat. Karena, kata dia, IPM dapat menentukan peringkat atau level pembangunan suatu daerah, dan menjadi ukuran kinerja sebuah pemerintahan.

“IPM sangat penting karena juga digunakan sebagai salah satu alat dalam penentuan Dana Alokasi Umum (DAU),” katanya.

Latif mengungkapkan, keberhasilan peningkatan IPM bergantung pada tiga aspek di antaranya, kesehatan, pendidikan, dan kemampuan daya beli masyarakat. Hal itu, nantinya, akan digenjot melalui pelaksanaan program-program kerja, jika pihaknya diberi amanah oleh masyarakat Pinrang.

Mantan Sekda Provinsi Sulsel tersebut mengemukakan, pelayanan kesehatan yang maksimal akan diberikan kepada masyarakat melalui program BPJS Kesehatan gratis. Untuk pendidikan, lanjut dia, diwujudkan dengan memberikan seragam sekolah gratis kepada peserta didik, dan beasiswa perguruan tinggi.

“Sementara, untuk peningkatan daya beli, kami akan memperbaiki sektor pendapatan masyarakat, menciptakan lapangan kerja baru, namun tidak harus melalui industri. Salah satunya, dapat diwujudkan melalui pemberian keterampilan dan pelatihan kerja, kepada para generasi muda yang ada,” pungkasnya.

Dengan demikian, tambah Latif, masyarakat Pinrang akan lebih sejahtera karena dapat memenuhi kebutuhannya maupun hak dasarnya, dan lebih mandiri secara perekonomian untuk meningkatkan taraf hidupnya.

Penulis : Luki Amima

loading...