Stres Dapat Picu Gagal Diet

BERBAGI
Ilustrasi/ INT

SULSELEKSPRES.COM – Bagi Anda yang sedang berusaha menurunkan berat badan, dan merasa tidak ada perubahan meski telah giat mengikuti pola diet, barangkali ada faktor lain yang memengaruhi usaha Anda itu.

Salah satu hal yang memengaruhi kegagalan diet adalah kondisi psikis yang mengalami stres. Dilansir dari hellosehat.com, dr. Pamela Peeke dalam laman Prevention, stres bisa menghambat proses berat badan turun atau bahkan malah menambahkan berat badan.

Setiap kali Anda stres, otak akan melepaskan hormon adrenalin. Hormon ini membuat tubuh cenderung menyimpan energi (kalori) lebih besar dalam tubuh.

Pada saat yang sama, tubuh Anda juga mengalami lonjakan kortisol, yang memberi tahu tubuh Anda untuk segera mengisi energi meskipun Anda belum banyak menggunakan kalori dalam tubuh. Akibatnya Anda jadi lapar, bahkan sangat lapar.

Tubuh akan terus memompa kortisol selama stres berlanjut. Anda pun jadi ngidam makanan manis, asin, dan tinggi lemak untuk merangsang otak melepaskan zat kimiawi otak yang menimbulkan efek senang dan menurunkan ketegangan.

Nah, pada orang yang sedang mengalami stres, penurunan berat badan pun akan semakin sulit dilakukan. Dibutuhkan waktu lebih lama lagi untuk menurunkan berat badan karena kondisi stres yang dialaminya.

 

loading...