Ini Penyebab Berat Badan Kembali Naik Setelah Diet

BERBAGI
Ilustrasi Diet/ INT

SULSELEKSPRES.COM – Bagi sebagian orang memiliki tubuh ideal adalah langsing. Sehingga mereka real melakukan program diet ketat, agar bisa menghasilkan tubuh proporsional sesuai dengan harapannya itu.

Namun, ada beberapa kesalahan yang membuat berat badan naik lagi meskipun sebelumnya sudah berhasil diet. Kesalahan apa saja tepatnya yang perlu Anda hindari? dilansir dari hellosehat.com, ada beberpa hal yang membuat kegagalan diet Anda, yakni:

1. Kurang aktif bergerak

Memiliki berat badan ideal bukan berarti Anda tidak perlu lagi melakukan aktivitas fisik. Anda mungkin secara perlahan mengurangi intensitas atau waktu olahraga yang biasanya Anda terapkan.

Bila diteruskan, sifat malas Anda untuk berolahraga akan menjadi semakin besar.

2. Tidak sarapan

Setelah bangun tidur, tubuh memerlukan air dan makanan untuk menormalkan metabolisme dan menjaga kesimbangan gula darah.

Kalau Anda melewatkan sarapan, rasa lapar akan jadi dua kali lebih besar dan akhirnya membuat Anda makan lebih banyak dari porsi seharusnya. Jika Anda melakukan ini setiap hari, tentu pola makan Anda jadi berantakan lagi sehingga berat badan bertambah.

3. Tidak memantau kebiasaan yang merusak diet

Tidak fokus saat makan membuat porsi makan Anda tidak terkendali. Makan sambil menonton televisi atau main HP, misalnya, bisa membuat Anda mengabaikan sinyal kenyang yang diberikan oleh perut sehingga Anda tetap lanjut makan meskipun tubuh sudah mendapatkan asupan gizi dan kalori yang cukup.

4. Pola makan berantakan lagi

Menjalani diet memang bisa membuat Anda menghindari beberapa makanan yang tidak sehat. Namun, setelah Anda mendapatkan berat badan yang diinginkan, Anda mungkin kembali lagi pada pola makan yang dulu. Misalnya makan tidak teratur, terlalu banyak mengonsumsi kalori, tidak jeli ketika memilih asupan gizi, dan sebagainya. Maka tak heran kalau akhirnya berat badan naik lagi.

loading...