Media Sosial Kemendikbud Banjir Kritik dari Peserta UNBK

BERBAGI

MAKASSAR, SULSELEKSPRES.COM – Siswa peserta ujian mengkritik sejumlah soal matematika, kimia, dan fisika yang diujikan dalam Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) 2017/2018.

Ujian Nasional Berbasis Komputer 2017/2018 untuk Sekolah Menengah Atas (SMA) dan sederajat telah usai pada Kamis (12/4/2018). Siswa mengeluhkan soal-soal tahun ini yang dirasa sangat sulit.

Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) disebut juga Computer Based Test (CBT) adalah sistem pelaksanaan ujian nasional dengan menggunakan komputer sebagai media ujiannya.

Baca Juga: Kadir Halid Sebut Ada Oknum Kepsek Bebani Murid Beli Laptop

Dalam pelaksanaannya, UNBK berbeda dengan sistem ujian nasional berbasis kertas atau Paper Based Test (PBT) yang selama ini sudah berjalan.

Para siswa mengajukan kritikannya, yakni menyeruduk instagram @pustekkom_kemdikbud guna menyampaikan keluhan mereka.

“Mengerjakan soal ujian namun serasa dikerjain soal ujian #sakit,” tulis akun @yudhianjarprakoso.

“Kimia jg susah kak, udah belajar un thn 2008, 2015-2017, kisi”, detik”, sama prediksi un di youtube udah saya pahami semua tp soalnya mirip” aja keknya ngak ada, sedih rasanya buang” waktu sampai tidur hanya beberapa menit tp ngak bisa jawab juga, soal di luar dugaan, sangat mengejutkan, terima kasih atas hiburan UNnya,” tulis peserta UNKB lainnya.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) menganggap kalau soal ujian Matematika dalam UNBK 2018 ini sudah sesuai dengan prediksi yang diberikan.

“Dari perspektif kami, soal-soal yang diujikan sudah sesuai dengan kisi-kisi yang ditetapkan,” ujar Kepala Pusat Penilaian Pendidikan (Kapuspendik) Kemdikbud Muhamad Abduh di Jakarta, Jumat (13/4/2018) dilansir tirto.id.

Penulis: Agus Mawan

loading...