Mahasiswa Sinjai Desak Pemprov Tunda Pelantikan Sekda

BERBAGI
Puluhan Mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Pemuda Mahasiswa Sinjai gelar aksi untuk mendesak Pemprov Sulsel tunda pelantikan sekda. Senin (16/4/2018) di bawah Fly Over/ SULSELEKSPRES.COM/ AGUS MAWAN

MAKASSAR, SULSELEKSPRES.COM – Puluhan Mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Pemuda Mahasiswa Sinjai gelar aksi untuk mendesak Pemprov Sulsel tunda pelantikan sekda. Senin (16/4/2018) di bawah Fly Over, Jalan Urip Sumoharjo.

Jenderal lapangan, A. Anwar Ishar menjelaskan, aksi ini merupakan sikap atas proses lelang jabatan sekda definitif Kabupaten Sinjai yang cacat administrasi.

Padahal sebelum keluarnya hasil lelang, menurut Anwar, pemerintah diindikasi sudah mengusulkan salah satu nama ke kementrian dalam negeri untuk diangkat.

“Kami desak pihak Pemprov Sulsel untuk segera menunda pelantikan sekda definitif karena kami nilai ada cacat administrasi,” terangnya.

Menurutnya, sebelum pengumuman lelang, sudah ada pengusulan nama ke Kemendagri, seharusnya jika melihat dasar aturan UU ASN dan PP Nomor 11, hal tersebut salah.

“Seharusnya, pengumuman lelang dulu baru pengusulan nama ke Kemendagri, tapi seperti sekrang justru terbalik,” jelasnya.

Selain itu, menurut Anwar, sekda yang akan dilantik tidak sesuai dengan kriteria yang termaktub dalam PP Nomor 11/2007, sebab sekda definitif yang diangkat pernah nonjob.

Sementara itu, dalam aksinya Anwar meminta pihak Pemprov merekomendasikan PLT Sekda di Sinjai dari pejabat pemprov untuk mengisi kekosongan sekda.

Anwar juga mendesak pihak kejati Sulselbar untuk menindak lanjuti laporan masyarakat terkait kasus lelang di Sinjai.

“Kami meminta Kejari mengusut unsur KKN dalam proses lelang sekda,” ringkasnya.

Penulis : Agus Mawan

loading...