Pemerintah Buat Siber Anti Hoaks

BERBAGI
Kantor Staf Kepresidenan, menggelar Seminar Peranan Generasi Milenial Diera Digital, Selasa (17/4/2018)/ IST

MAKASSAR, SULSELEKSPRES.COM – Kantor Staf Kepresidenan, menggelar Seminar Peranan Generasi Milenial Diera Digital, Selasa (17/4/2018).

Andrianto Gani Staf dari Kantor Staf Presiden bahwa pemerintah sendiri mengambil berbagai langkah dalam mengatasi masalah hoaks, diantaranya dengan adanya tim siber anti hoaks serta beberapa regulasi lainnya.

Kegiatan ini selain menghadirkan staf KSP juga Pahir Halim dari Komisi Informasi Publik Sulsel.

Hal itu juga dilakukan lantaran kecepatan dan meledaknya informasi memiliki dampak positif dan negatif. Positif karena masyarakat memiliki beragam informasi yang dapat diakses dengan cepat, sedangkan dampak negatifnya adalah bahwa tidak semua yang tersebar dengan cepat merupakan pengetahuan yang berguna bagi masyarakat.

Berita palsu atau hoaks yang dapat merusak kebangsaan dan persatuan bangsa juga telah memenuhi bahkan menjadi dominan di berbagai ruang publik.

Bahkan saat ini, sangat sulit untuk menghentikan penyebaran hoaks, apalagi hanya mengandalkan pemerintah.

“Hoaks ini sudah sangat sulit untuk dihentikan, apalagi hanya mengharapkan pemerintah, agamawan juga harus turun tangan,” ujar AS Kambie salah seorang jurnalis saat berbicara dalam seminar tersebut.

Menurutnya yang terpenting adalah bagaimana masyarakat tidak ikut menjadi bagian penyebar hoaks.

Penulis: Muhammad Adlan

loading...