Salurkan Donasi Pendidikan,   Pertamina Gandeng Komunitas SIA

BERBAGI

MAKASSAR, SULSELEKSPRES.COM – PT Pertamina bekerjasama dengan Sikola Inspirasi Alam (SIA) membantu sarana prasarana sekolah terpencil di Dusun Cindakko,  Desa Bontosomba, Kec Tompobulu,  Maros, Sabtu (21/4/2018).

Unit Manajer Communication and CSR MOR VII, Roby Hervindo mengatakan bantuan Ini merupakan salah satu dari kepedulian Pertamina dalam mengembangkan masyarakat khususnya di bidang pendidikan. “Bantuan ini  menjadi awal dari upaya peningkatan pendidikan di desa Cindakko, ” katanya.

Ia memaparkan Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan Kemendikbud menyebutkan di tahun 2016/2017, ada 2.550 anak jenjang SD di Sulawesi Selatan yang tidak bersekolah. Kondisi ini tergambar di Cindakko, yang anak-anaknya sangat sulit mendapat akses pendidikan yang layak. “Jika pendidikan tidak berkualitas, akan sangat sulit bagi masyarakat Cindakko untuk meningkatkan kehidupannya,” tuturnya.

Pihaknya pun berharap melalui kemitraan dengan Sikola Inspirasi Alam yang merupakan relawan pendidikan, Pertamina bisa bersama memperbaiki kualitas pendidikan utamanya di daerah-daerah terpencil seperti di Cindakko ini. Inisiatif serupa juga dilakukan Pertamina di wilayah-wilayah lain. Diantaranya sekolah Tapal Batas di Sebatik Tengah, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara yang dibina Pertamina EP.

Sementara, Kepala Sikola Inspirasi Alam,  Satriani Muliyadi mengatakan pemberian bantuan ini sebagai momen perayaan Hari Pendidikan Nasional sekaligus merayakan Milad ke-2, SIA,  sebagai salah satu komunitas yang bergerak di bidang pendidikan. Karena itu,  tema yang diangkat SIA untuk Milad ini,  yakni “Pelita Pendidikan bagi Pelosok”.

“Kami melakukan perayaan-perayaan bersama siswa dan warga dengan tujuan saling mengakrabkan diri antarrelawan dan antarmasyarakat setempat, ” kata perempuan yang disapa Kak Ria ini.

Ada sejumlah item kegiatan seperti lomba olahraga dan lomba asah kemampuan akademik siswa kami. Selain itu, donasi yang disponsori oleh PT Pertamina disalurkan pula untuk siswa dan masyarakat Cindakko. Bantuan berupa seragam sekolah,  sepatu,  buku,  peralatan shalat,  bak air, 10 sak semen,  dan alat pertanian kepada masyarakat dan siswa Cindakko.

Selain itu, Untuk memperingati hari Milad ke-2, SIA bakal melakukan diskusi publik bersama dengan Ketua Ikatan Guru Indonesia dengan tema “Peran relawan sebagai Guru Bantu di Daerah Terpencil,” tertanggal 2 Mei bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional.

Muhammad Adlan

loading...