Agus Janji Sejahterakan Buruh Lokal, Kurangi TKA di Sulsel

BERBAGI
Cagub Sulsel nomor urut 2, Agus Arifin Nu'mang/ IST

MAKASSAR, SULSELEKSPRES.COM – Mantan Wakil Gubernur, Agus Arifin Nu’mang janji akan menyejahterakan tenang buruh lokal dan menurutnya tidak terlalu banyak Tenaga Kerja Asing (TKA) di Sulawesi Selatan.

Hal tersebut diungkapkan Agus bertepatan dengan momentum Hari Buruh ini, Dan buruh akan turun ke jalan menggelar aksi, menuntut kesejahteraan, Selasa (1/5/2018).

Namun lanjut dia Provinsi Sulsel adalah daerah yang memiliki upah yang lumayan tinggi bila dibandingkan dengan daerah lain.

Dia mengatakan, di Sulsel, setiap tahun terjadi kenaikan upah bagi buruh. “Tahun ini saja, sudah Rp2,5 juta per bulan. Kita hanya di bawah Jakarta dan Manado,” serunya, melalui rilis yang diterima Sulselekspres.com, Selasa (1/5/2018).

Meski demikian lanjut Agus, tidak berarti, Pemprov Sulsel tidak memperhatikan kesejahteraan buruh. “Jika kami, saya dan Pak Tanribali terpilih nanti sebagi Gubernur dan Wakil Gubernur, tentu kesejahteraan menjadi hal utama,” lanjutnya.

Dalam program fokus tuntas Sulsel Bagus, dari sembilan poin yang ada, diantaranya menyebutkan, program pengentasan kemiskinan.

Terkait isu yang ramai dibahas akhir-akhir ini, yaitu persoalan TKA, Agus meyakini tidak banyak TKA yang masuk ke Sulsel. TKA bekerja hanya pada sektor tertentu.

Dari data Dinas Tenaga Kerja Sulawesi Selatan, hingga triwulan I 2018, jumlah TKA yang bejerja di Sulsel sebanyak 581 orang. Asal TKA nya juga beragam, ada dari Tiongkok, Amerika, Brasil, Spanyol, Korea dan Jepang.

Penulis: Abdul Latif

loading...