KPU Sulsel Ajak Paslon Berperan Tingkatkan Partisipasi

BERBAGI
Mardiana Rusli/Int

MAKASSAR, SULSELEKSPRES.COM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulsel berharap pasangan calon di Pilgub Sulsel berperan dalam upaya meningkatkan partisipasi pemilih.

KPU Sulsel menarget partisipasi pemilih pada Pilkada 2018 di Sulsel mencapai 77 persen pemilih dari jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pilgub 2018 sebesar 6.022.987 pemilih.

Anggota KPU Provinsi Sulsel Devisi Data, Mardiana Rusli mengatakan angka tersebut sesuai dengan upaya dan kerja – kerja KPU Sulsel untuk terus mendorong masyarakat menggunakan hak pilihnya pada 27 Juni 2018.

“Target kita 77 persen partisipasi, karena kerja – kerja kita untuk mengajak masyarakat menggunakan hak pilihnya sudah maksimal. Baik dengan sosialisasi secara langsung, lewat media publikasi mau pun lewat media massa,” ujar Mardiana Rusli, Jumat (4/5/2018).

Mardiana berpendapat, partisipasi pemilih di Pilkada serentak 2018 khususnya di Sulsel, menjadi tolok ukur untuk menilai tingkat kesadaran masyarakat dalam berdemokrasi.

Menurutnya, salah satu pengaruh jika pemilih tak menggunakan hak pilihnya ke TPS pada Pilkada yang lalu, karena sedikit – banyak dipengaruhi faktor ditemukannya pemilih ganda dalam DPT.

Dia juga berpendapat, selain KPU selaku, ada dua pihak yang turut berperan dan bertanggung jawab untuk mendorong partisipasi pemilih Pilgub, yaitu tim paslon mau pun partai politik serta kesadaran pemilih itu sendiri.

“Kita juga mengajak setiap paslon untuk terlibat mendorong partisipasi pemilih ke TPS. Kan mereka punya kader – kader partai yang bisa bekerja mengajak pemilih. Persoalan memilih siapa, itu kedaulatan pemilih,” katanya.

Mengenai bagaimana partisipasi pemilih di daerah yang hanya diikuti satu paslon tunggal ? Mardiana mengatakan, KPU tak memiliki kajian terhadap hal tersebut.

“Kita tidak memiliki prediksi – prediksi seperti itu. Tergantung dari kesadaran dan kedaulatan pemilih. Kita hanya berupaya terus mendorong masyarakat menggunakan hak pilihnya,” tandasnya.

loading...