Giuseppe Farina, Pemegang Juara 1 Pertama Ajang Grand Prix Formula 1

BERBAGI
Giuseppe Farina, Pemegang Juara 1 Pertama Ajang Grand Prix Formula 1/iNTERNET

SULSELEKSPRES.COM – 68 tahun lalu, merupakan momentum awal bagi ajang bergengsi balapan Formula 1 dalam sejarah. Saat itu, balapan ini diselenggarakan di Sirkuit Silverstone, Inggris, pada 13 Mei 1950, dan dimenangkan oleh Giuseppe Farina dari tim Alfa Romeo.

Pria kelahiran 30 Oktober 1906 ini, juga tercatat sebagai perwira kavaleri di Tentara Itali pada masa perang dunia ke dua. Putra dari Giovanni Carlo Farina memulai karir balapnya sejak tahun 1933. Sejak itu, Ia meraup berbagai prestasti, salah satunya sebelum Grand Prix F1 diadakan, Farina pernah menjadi Juara secara berturut-turut ditahun 1938.

Menjadi pembalap, tentu harus memiliki tingkat akurasi dan kecerdasan yang tajam. Kendati Farina dikenal memiliki keduanya, resiko di arena balap tentu tak terhidarkan darinya. Tercatat, ia mengalami beberapa kecelakaan fatal; di tahun 1936 dan 1938.

Beberapa tahun kemudian, pada tahun 1950, Farina kembali balapan bersama tim Alfa Romeo di ajang FIA World Championship Driver (sekarang Grand Prix Formula I) yang pertama.

Di Sirkuit Silverstone, Inggris, di hadapan 150.000 penonton. Farina tampil ciamik dan mengesankan. Dengan menunggangi mobil Alfa Romeo 8C-35, Ia keluar sebagai pemenang, mengalahkan rekan setimnya, Luigi Fagioli.

16 tahun kemudian, setelah pensiun. Ia dikabarkan tewas dalam insiden kecelakaan tunggal. Dari beberapa sumber, penyebab kecelakaannya, akibat menabrak tiang telegraf, di Savo Alps, dekat Aigueblle.

Waktu itu, Farina sedang dalam perjalanan ke Grand Prix Prancis 1966 untuk menonton balapan. Namun naas, saat itu mobil Lotus Cortina yang Ia kendarai, kehilangan kendali, sehingga menabrak tiang telegraf dan Farina tewas seketika.

Hingga kini, nama Giuseppe Farina dikenang sebagai pemegang juara pertama di ajang balap Formula I.

Penulis: Agus Mawan

loading...