Video: Polsek Bayah Jadi Sasaran Amukan Nelayan

BERBAGI
Warga serang polsek Bayah/ Ist

LEBAK, SULSELEKSPRES.COM – Kantor Polsek Bayah, Banten jadi sasaran amukan sejumlah warga. Peristiwa ini menyebabkan kaca kantor dan fasilitas yang ada di lokasi rusak, akibat lemparan.

Dari keterangan tertulis yang diterima, pada Sabtu (12/5/2018) sekira Pukul 08.30 Wib, sebelum massa mulai bertindak sporadis, awalnya warga mayoritas nelayan ini, menggelar aksi di depan Polsek Bayah, Lebak, Banten.

Alasan digelarnya aksi, diduga lantaran tak menerima 2 rekannya telah ditabrak oleh oknum petugas, saat melakukan penangkapan terhadap 1 nelayan yang baru saja selesai mencari benur.

Saat itu, warga yang melihat insiden tersebut, spontan mengajak warga lainnya untuk menggelar aksi di Polsek Bayah, dan ingin bertemu dengan Kapolsek Bayah, AKP Sadimun.

Beberapa saat, warga lalu melakukan pengrusakan terhadap sejumlah fasilitas yang berada d sekitar lokasi Polsek Bayah.

Akibatnya, sebuah mobil patroli dan 4 unit motor dinas ludes dilalap api. Selain itu, sebuah mobil pelayanan dan 9 motor ikut dijadikan sasaran amukan massa.

Sementara itu, dilansir dari detik.com, Kapolda Banten, Brigjen Listyo Sigit Prabowo menerangkan, atas insiden ini, untuk sementara pihaknya masih berusaha meredam emosi warga.

Kendati demikian, ia menegaskan, jika memang nantinya ada oknum anggota terbukti yang melakukan pelanggaran, maka pihaknya akan mengusut oknum tersebut.

“Kalau betul ada oknum anggota, akan kita usut kalau melakukan pelanggaran,” tegasnya.

… Rakyat Menang! Hidup Nelayan yang Melawan!! /// Kabar dari garis depan!!! | Izin melaporkan pada hari sabtu 12 mei 2018, pukul 08.30 telah terjadi aksi demo di polsek bayah lebak Banten. Oleh nelayan bayah, binuangen dan cisolok. | kronologis kejadian : di awali adanya penangkapan 3 nelayan binuangen pada saat selesai mencari benur oleh (di duga anggota dr polsek bayah) dengan menggunakan mobil avanza warna hitam pakaian preman. Satu nelayan berhasil si tangkap dan di masukan ke dalam mobil dan 2 nelayan berusaha untuk menghalang halangi, tapi oleh anggota polisi di tabrak sampai 2 nelayan tersebut luka berat dan anggota polisi tersebut berhasil kabur. | kejadian tersebut di lihat oleh nelayan yg lain hingga spontan nelayan trsbt mengajak temen temennya untuk melakukan aksi demo ke polsek bayah. / kerugian Materil : 1. 1 mobil patroli di bakar 2. 4 unit motor dinas di bakar 3. kantor polsek rusak berat 4. 1 unit mobil pelayanan rusak berat 5. 9 motor rusak berat / Personil : nihil | Hingga saat ini masa masih melakukan aksi demo menuntut kapolsek bayah hadir. | Demikian laporan ini sebagai laporan pendahuluan, klo ada perkembangan di laporkan kembali.* /// #Antifascist

A post shared by KOLEKTIFA (@kolektifa) on

Namun, penyebab terkait insiden tersebut, ia mengaku belum mendapatkan informasi yang valid.

“Katanya tadinya marah karena saat penangkapan, ada konflik. Tapi masih simpang siur,” ringkasnya.

Hingga saat ini, kata Listyo, pihaknya akan melakukan pendalaman penyebab kemarahan warga, jika telah sampai di Polsek Bayah.

Penulis: Agus Mawan

loading...