Rapat Inspektorat Provinsi, Lutfie Natsir Harap TLHP Jadi Prioritas dan Komitmen

BERBAGI
Pejabat Sementara Wali Kota Parepare Lutfie Natsir, saat memberikan sambutan/IST

PAREPARE, SULSELEKSPRES.COM – Pemerintah Kota (Pemkot) Parepare kembali menjadi tuan rumah rapat Pemutakhiran Data dan Tindak Lanjut Hasil Pemeriksaan Inspektorat Provinsi Tingkat Kabupaten/Kota se-Sulawesi Selatan.

Kegiatan dihadiri Inspektur Kabupaten/Kota se-Sulsel dan Aparatur Pengawasan Internal Pemerintah (APIP) serta Kepala SKPD lingkup Pemerintah Kota Parepare. Kegiatan dilaksanakan di Gedung Barugae Rumah Jabatan Wali Kota Parepare, Senin (14/05/2018).

Pejabat Sementara (Pjs) Wali Kota Parepare, Lutfie Natsir mengatakan, rapat tersebut penting dilakukan untuk memastikan apakah tindak lanjut yang dilaksanakan sejalan dengan rekomendasi temuan hasil pemeriksaan, yang disampaikan dalam laporan hasil pemeriksaan aparat pengawas fungsional.

BACA: Jelang Ramadhan, Pjs Wali Kota Parepare Sidak Pasar

“Rapat ini juga menjadi forum untuk dapat menambah pengetahuan, terkait dengan pelaksanaan pengawasan penyelenggaraan pemerintahan daerah. Dengan adanya forum ini, maka antar daerah yang satu dengan yang lainnya, dapat saling bertukar pikiran dan informasi, sehingga memperkaya pengetahuan bersama, dan nantinya dapat dilakukan perbaikan, penyempurnaan dan penindakan atas hasil pemeriksaan,” paparnya.

Lutfie menjelaskan, manfaat yang diperoleh dari pekerjaan pemeriksaan, tidak terletak pada jumlah temuan pemeriksaan yang dilaporkan, atau rekomendasi yang dibuat. Tetapi, katanya, terletak pada efektivitas penyelesaian tindak lanjut hasil pemeriksaan oleh entitas yang diperiksa.

“Kami berharap agar Penyelesaian Tindak Lanjut Hasil Pemeriksaan (TLHP) tentu menjadi prioritas dan menjadi komitmen, dalam rangka menindak lanjuti temuan-temuan agar fungsi-fungsi manajemen organisasi pemerintah. Sehingga, akan tertata dan berjalan lebih baik, serta efektif, dan sekaligus menjadi momentum balik untuk menghindari akan adanya sanksi, baik disiplin, administratif, perdata, maupun pidana,” pungkasnya.

Penulis : Luki Amima

loading...