7 Bahaya Tidur Setelah Sahur, Hingga Bisa Mengancam Nyawa

BERBAGI
Ilustrasi Ngantuk setelah kekenyangan/ INT

SULSELEKSPRES.COM – Tidur setelah santap sahur adalah hal yang biasa kita lakukan.

Namun, apa jadi jika ternyata hal sepele tersebut berdampak buruk bagi kesehatan tubuh, bahkan mengancam nyawa kita.

Dilansir dari idntimes.com, berikut ulasan berbagai macam penyakit yang ditimbulkan akibat
kebiasaan tidur setelah sahur.

1. Serangan jantung

Selain obesitas, penyakit berat seperti jantung juga bisa menyerang. Lemak dan kalori yang tidak terbakar bisa menyumbat pembuluh darah. Hal inilah yang memicu timbulnya serangan jantung. Waspadalah, karena penyakit ini termasuk berbahaya dan bisa merenggut nyawa kapan saja. Selain itu, penyakit berat seperti kolesterol juga bisa mengintai.

2. Makanan tidak tercerna sempurna

Kerja lambung dan usus akan melambat ketika kita sedang tidur. Hal ini akan menyebabkan makanan yang sudah dikonsumsi tidak tercerna secara sempurna. Bahkan, hal ini termasuk berbahaya karena sisa makanan yang tak tercerna akan membusuk di dalam usus dan meningkatkan produksi gas racun amonia yang berbahaya. Kamu gak mau kan hal ini terjadi? Maka sebaiknya tunggu selama 1-2 jam untuk tidur setelah makan.

3. GERD

GERD atau biasa disebut dengan Gasteophageal Reflux timbul akibat dari heart burn. Rasa panas akan muncul di area kerongkongan dan juga menyebabkan area dada seperti terbakar. Jika hal ini sering dirasakan, maka sebaiknya kamu segera memeriksakan diri ke dokter ya.

4. Bakteri jahat dalam usus meningkat

Makanan yang tak tercerna sempurna akan mengundang timbulnya bakteri jahat di dalam usus. Bakteri miskin oksigen atau yang sering disebut dengan bakteri anaerob akan mendominasi di dalam tubuh. Hasil dari metabolisme bakteri ini bersifat asam dan membuat asam lambung juga ikut meningkat dan menimbulkan penyakit maag.

5. Kerja liver menjadi berat

Jumlah bakteri jahat yang timbul di dalam tubuh akan mengakibatkan derajat keasaman pada tubuh juga meningkat. Hal ini mengakibatkan timbulnya asam nitrit yang sangat berbahaya bagi hati. Pasalnya, asam nitrit akan membuat kerja liver meningkat dan menjadi lebih berat. Nah, kamu gak mau kan livermu cepet rusak? Jadi, kurang-kurangin deh kebiasaan langsung tidur setelah makan mulai sekarang!

6. Obesitas

Obesitas ternyata bisa diakibatkan karena kamu terbiasa tidur setelah usai makan berat atau mengonsumsi camilan. Mengapa demikian? Hal ini terjadi karena kalori yang masuk ke dalam tubuh menumpuk. Kamu tidak melakukan kegiatan apapun yang bisa membakar kalori yang sudah masuk ke dalam tubuh. Alhasil berat badan membengkak secara drastis karena lemak menumpuk dan tidak terbakar sempurna.

7. Nyeri ulu hati

Nyeri ulu hati bisa timbul karena kamu makan sehabis menjalani sahur. Heart burn bisa timbul karena sebelum tidur kamu mengonsumsi makanan berat atau camilan. Bagian ulu hati akan terasa sangat panas dan nyeri. Hal ini terjadi karena asam lambung naik dan memenuhi rongga dada dan menyebabkannya terasa panas. Jika kebiasaan buruk ini dipelihara, jangan heran jika ke depannya kamu terjangkit penyakit maag kronis.

Penulis: Muhammad Adlan

loading...