Ramadhan, Harga Cabe dan Telur Naik Hingga Rp10.000

BERBAGI
Illustrasi.(Int)

MAKASSAR, SULSELEKSPRES.COM – Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) merilis bahwa ada beberapa harga bahan pokok selama Ramadhan mengalami kenaikan.

Ketua KPPU Makassar, Aru Armando, mengatakan bahwa beberapa bahan pokok mengalami kenaikan antara Rp5000 hingga Rp10.000 setiap produk.

“Seperti harga telur yang saat ini mencapai Rp42.000 hingga Rp45.000 per rak padahal sebelumnya harganya hanya herada di angka Rp38.000 per rak,” katanya.

Hal, lain seperti Cabe juga mengalami kenaikan yang cukup tinggi di mana saat ini harga dipasaran sudah mencapai Rp45.000 sampai Rp50.000 perkilo.

“Padahal, biasanya cabe merah hanya berada di angka Rp32.000 sampai Rp35.00 perkilo,” sebutnya.

BACA: Jelang Ramadan, Soni Pastikan Stok dan Harga Bahan Pokok Aman

Namun, kenaikan tersebut masih akan dilihat apakah itu ada hubungannya dengan penimbunan stok barang atau ada penahanan hasil produksi karena adanya kartel.

Kedua, ketika ada kesepakatan harga dari para pelaku usaha. “Kalau itu yang terjadi maka KPPU akan melakukan tindakan,” jelas, Ketua KPPU Pusat Kurnia Toha.

Namun, kata dia, saat ini menurut hasil laporan dari kementerian yang ada stok bahan pokok masih aman untuk bulan Ramadhan hingga memasuki lebran nantinya.

Penulis: M. Syawal

loading...