Lagi, Seorang Penumpang Bergurau Bom Di Pesawat

BERBAGI

MAKASSAR, SULSELEKSPRES.COM – Akibat gurauan Bom, Samaun (26), seorang pelaut calon penumpang Pesawat Batik Air dengan nomor penerbangan ID 7703/ID6166, pagi tadi terpaksa harus berurusan dengan polisi.

Samaun melakukan transit di Bandara Internasional Hasanuddin untuk kembali bertolak ke Ambon.

Kabid Humas Polda Sulsel, Kombes (pol) Dicky Sondani menerangkan, awalnya pada 03.05 Wita, Samaun telah menaiki pesawat. Saat itu, Ia dibantu salah seorang pramugari untuk menyimpan tas miliknya.

Namun entah, spontan, dari mulut Samaun keluar kata Bom

“Pramugari tersebut balik bertanya kepada Samaun, apa tadi yang kamu katakan? Lalu dijawab oleh penumpang tersebut, tidak, kemudian pramugari lalu meninggalkannya,” jelas Dicky.

Baca:

Bercanda Isi Tasnya Ada Bom, PNS Asal Merauke Ini Gagal Terbang

Beberapa menit kemudian, Samaun didatangi sejumlah petugas keamanan maskapai, dan diturunkan dari kabin atas instruksi dari Pilot, guna diproses lebih lanjut di Posko Avsec Lion Air, lalu ditindak lanjuti di Posko TMA Avsec AP 1 Bandara.

Saat dilakukan introgasi, kata Dicky, Samaun mengaku, saat itu ia hanya spontan bergurau bom ke pramugari.

“Yang diucapkannya adalah, berupa candaan spontan dan tidak pernah ada niat untuk mengancam atau merugikan orang lain,” ujarnya.

Setelah dilakukan introgasi, lanjut Dicky, Samaun beserta barang bagasi miliknya, diperiksa secara manual, dan dari itu, petugas tidak menemukan sedikitpun barang yang mencurigakan.

“Tak lama, penerbangan Samaun dinyatakan cancel oleh pihak maskapai Batik Air, dan pihak PPNS (Penyidik Pegawai Negeri Sipil) Otban Wilayah V Makassar tiba di posko Airport Security untuk melakukan pemeriksaan,” sambung Dicky.

Sementara, dari hasil pemeriksaan yang dilakukan, dari PPNS mengeluarkan surat pernyataan yang ditanda tangai Samaun. Selang beberapa menit, ia diserahkan ke Polsek Kawasan Bandara Sultan Hasanuddin.

“Pukul 11.00 Wita, Samaun didampingi Personel Polsek Kawasan Bandara meninggalkan Posko Avsec, untuk diamankan menuju Polsek Kawasan Bandara untuk dilakukan proses penyelidikan lebih lanjut,” tutup Dicky.

Penulis: Agus Mawan

loading...