Andi Maddusila Wafat, Berikut Silsilah Kerajaan Gowa

BERBAGI

GOWA, SULSELEKSPRES.COM – Kerajaan Gowa pernah begitu sangat terkenal dan disegani dimata dunia, utamanya dipenghujung abad ke -16 dan abad ke-17. Sultan Hasanuddin dengan gelar Ayam Jantan dari Timur membawa kerajaan Gowa kala itu dimasa kejayaan.

hari ini, kabar duka menyelemuti keluarga kerajaan Gowa. Raja Gowa ke 37, I Maddusila Daeng Manyonri Karaeng Katangka Sultan Alauddin II atau dikenal dengan nama Andi Maddusila wafat. Andi Maddusila menghembuskan nafas terakhirnya di salah satu rumah sakit di Makassar, Minggu (10/6/2018).

BACA JUGA: 

Innalillah, Andi Maddusila Meninggal Dunia Setelah Sempat Dirawat di RS

Sebelum Meninggal, Andi Maddusila Diduga Sempat Terjatuh Dikamarnya

Pelukan Terakhir Sudirman Sulaiman Dijasad Andi Maddusila

Sebelum Berkampanye, IYL Ajak Warga Doakan Andi Maddusila

 

Kerajaan atau Kesultanan Gowa saat ini sudah tidak berdiri secara legalitas pemerintahan sebagai bentuk kerajaan sejak Raja Gowa ke 36 telah memutuskan untuk menyerahkan wilayah kekuasaan kerajaan gowa ka Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Sebagai bentuk pelestarian maka dibentuk dewan adat yang tetap dipimpin langsung oleh keturunan dari Raja Gowa yang terdahulu yakni Andi Maddusila Patta Nyonri Karaeng Katangka Sultan Alauddin II dan pada tahun 2016 merubah namanya menjadi I Maddusila Patta Nonri Karaeng Katangka Sulta Alauddin II.

Sesuai dengan adat Gowa yang tidak pernah dipimpin oleh seorang bergelar “Andi”. Beliau dinobatkan sebagai raja ke 37 dari Kerajaan Adat Gowa kemudian disahkan dan disaksikan oleh seluruh persatuan -raja adat nusantara.

Selanjutnya:  Silsilah Kerajaan Gowa

loading...