Jalan Mundur Miliki Banyak Manfaat Bagi Kesehatan

BERBAGI
Ilustrasi Jalan/ INT

SULSELEKSPRES.COM – Jalan maju mungkin sudah biasa, sehingga Anda sering melakukannya tanpa ragu. Lain halnya ketika Anda berjalan mundur. Berjalan mundur ternyata memiliki banyak mafaat. Pasalnya, tantangan yang diberikan pada tubuh Anda lebih besar, sehingga Anda memaksa tubuh untuk untuk beradaptasi dengan hal baru yang tidak biasa dilakukan.

Secara tidak langsung, hal tersebut dapat mendorong peningkatan dan pertumbuhan dalam kebugaran fisik Anda. Nah, hal inilah yang membuat jalan mundur jauh lebih memiliki manfaat kesehatan dibanding jalan maju.

Dilansir dari hellosehat.com, berikut ini beberapa manfaat berjalan mundur bagi kesehatan yang sayang dilewatkan:

1. Membakar kalori lebih banyak

Berdasarkan penelitian, jalan mundur diketahui dapat membakar 40 persen kalori lebih banyak dibandingkan jika Anda jalan kaki pada umumnya. Jika Anda berjalan mundur di area yang menanjak, Anda membutuhkan lebih banyak energi sehingga kalori yang dibakar juga akan lebih banyak.

Peningkatan kalori yang dibakar ini tentu akan memberikan manfaat yang baik. Selain itu, berjalan mundur mungkin merupakan cara yang baik untuk menambah intensitas latihan yang lebih tinggi karena Anda tidak perlu melakukannya dengan kecepatan tinggi.

2. Meningkatkan fungsi otak

Ketika Anda berjalan mundur, tentu Anda akan mengalami kesulitan yang lebih tinggi dibandingkan jalan maju, bukan? Anda dituntut untuk lebih fokus sekaligus bisa mengatur keseimbangan. Nah, inilah mengapa jalan mundur sama artinya dengan melatih otak Anda untuk mengerjakan tugas-tugas yang sulit.

Berdasarkan hasil peneltian yang dilakukan oleh para peneliti dari University of Nevada di Las Vegas, diketahui bahwa tingkat konsentrasi yang diperlukan saat Anda berjalan mundur sama intensnya dengan konsetrasi yang diperlukan saat Anda sedang menghadapi bahaya. Hal ini membuat para peneliti menarik kesimpulan jika jalan mundur dapat meningkatkan fungsi otak karena membuat Anda lebih fokus saat melakukannya.

3. Meningkatkan denyut jantung

Berdasarkan hasil dari beberapa penelitian kecil menunjukkan bahwa dengan kecepatan yang sama, jalan mundur dapat meningkatkan denyut jantung dibandingkan dengan jalan maju.

Sebuah penelitian lain yang dilakukan oleh para peneliti dari Texas dalam Journal of Orthopaedic and Sport Physical Therapy menyimpulkan bahwa jalan mundur dapat meningkatkan denyut jantung sebesar 17-20 persen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa jalan mundur adalah metode latihan interval yang ideal untuk menambahkan intensitas latihan yang lebih tinggi ketika Anda melakukan aktivitas fisik jalan kaki.

4. Manfaat lainnya

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Biomechanics juga menemukan bahwa jalan mundur dapat mengurangi nyeri lutut anterior jika dibandingkan dengan jalan maju ke depan. Studi lain yang diterbitkan dalam International Journal of Sports Medicine menemukan bahwa kombinasi dari jalan mundur dan jalan maju dapat meningkatkan kebugaran jantung dan mengubah komposisi tubuh.

Meski tubuh Anda tidak terbiasa dengan jalan mundur, namun aktivitas satu ini menawarkan lebih banyak manfaat bagi jantung, pembuluh darah, dan pembakaran kalori dalam waktu yang lebih singkat. Nah, hal ini tentu akan membuat latihan Anda lebih efisien dan intens.

loading...