ACC Minta Inspektorat Usut Dugaan Penyelewengan Tanggungjawab Di Sistem PPDB

BERBAGI

MAKASSAR, SULSELEKSPRES.COM – Anti Corruption Committee (ACC) meminta kepada Inspektorat Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) untuk mengusut kemungkinan adanya dugaan penyelewengan tanggungjawab dalam proses PPDB SMA se Sulsel.

Staff Peneliti ACC Sulawesi, Anggareksa, mengatakan, inspektorat harus mengusut hal tersebut. Sebab banyak celah untuk itu. Mulai dari tidak adanya transparansi pendaftaran hingga tertutupnya proses seleksi di sistem PPDB.

“Lakukan evaluasi menyeluruh terhadap penanggungjawab teknis pelaksanaan PPDB dan melakukan tindakan tegas dalam bentuk sanksi sesuai peraturan yang berlaku,” katanya.

Karena, kata Angga, dalam proses penerimaan siswa banyak yang tidak jelas. Seperti standar kelulusan yang dipakai oleh Dinas Pendidikan.

BACA JUGA: 
Ombudsmen RI tak Temukan Pelanggaran, PPDB Sulsel Masih Terbaik
Pemkot Makassar Siapkan Rp 48,3 Miliar Gaji PNS

Dia mencontohkan seorang anak yang mendaftar di dua sekolah berbeda. Berdasarkan hasil verifikasi PPDB Online anak itu mendapatkan nilai/skor yang memenuhi syarat kelulusan dari sisi nilai/angka, namun tidak lulus pada kedua sekolah tersebut.

“Ketitidaklulusan calon siswa yang memenuhi syarat lulus pada sekolah tempat mendaftar dan diumumkan tidak lulus adalah korban dari sistem rekruitmen calon siswa yang telah dirampas hak – hak (jaminan negara) warga negara,” jelasnya.

“Propinsi Sulsel tidak memberikan solusi kepada calon siswa yang tidak lulus, maka sebagai bentuk tanggungjawab kami mendesak penanggungjawab pejabat teknis Pelaksana PPDB Calon Siswa SMA untuk mengundurkan diri,” tegasnya.

loading...