Haji 2019, Sidik Jari dan Foto Biometrik Ditempatkan di Emberkasi Masing-masing

BERBAGI

MAKASSA, SULSELEKSPRES.COM – Pelaksanaan sidik jari dan foto biometrik bagi JCH Indonesia tahun ini dilaksanakan di Embarkasi, yang sebelumnya dilakukan nanti setibanya JCH di bandara Madinah dan Jeddah, kebijakani ini juga dimaksudkan Untuk mempersingkat waktu antri JCH saat pemeriksaan di airport Baik di Madinah maupun di Jeddah.

Hal itu terungkap saat, rapat Koordinasi Persiapan Operasional Ibadah Haji Tahun 1439 H/2018 M, Senin, (9/7/2018) malam.

Direktur pelayanan haji dalam negeri pada Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag RI, H. Ahda Barori dalam sambutannya memaparkan sejumlah kebijakan baru perhajian tahun ini diantaranya Proses pembayaran (request) visa haji tahun ini ke Kementerian Haji Saudi Arabia adalah sistem tunai untuk selanjutnya akan diinput dalam aplikasi e-hajj, sistem ini diharapkan akan mampu mengatasi permasalahan visa ditahun tahun sebelumnya.

Penjabat Kakanwil Kemenag Sulsel H. Iskandar Fellang menyatakan bahwa Background dilaksanakannya Rakor ini karena adanya sejumlah perubahan mendasar dalam operasional pemberangkatan haji tahun 2018 ini antara lain kebijakan pengambilan sidik jari dan data biometrik jemaah calon haji di asrama haji (embarkasi).

“Sehingga membutuhkan penyesuaian penyesuaian yang efektif dan efesien dalam memberikan pelayanan maksimal bagi calon jemaah haji Embarkasi Makassar khususnya ketika sudah berada di Asrama Haji Sudiang,” jelasnya.

Selain itu, lanjut dia, adanya kegiatan proses rehabilitasi gedung aula utama dan wisma haji yang tentunya akan mempengaruhi sistem dan manajemen pelayanan, kesemuanya itu akan dibahas tuntas guna menemukan solusi terbaik bagi pelayanan jemaah haji kita, tambah mantan Kabid PHU Kanwil Kemenag Sulsel ini.

loading...