Kemnaker RI Dorong Pengusaha Indonesia Berani Bersaing di Luar Negeri

BERBAGI

MAKASSAR, SULSELEKSPRES.COM – Kepala Pusat Perencanaan Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) Republik Indonesia (RI) Dr. Agus Triyanto, AS, MM dorong pengusaha Indonesia untuk berani mengambil keputusan bangun usaha di luar negeri.

“Permasalah utama sebenarnya lebih kepada kita yang masih perlu meningkatkan skill untuk lebih dapat bersaing di dalam industri yang akan berkembang lebih di dalam negeri atau industri dunia luar negeri,”ujarnya saat ditemui di Makassar Golden Hotel (MGH), Selasa (10/7/2018).

Lanjutnya, baik itu kepada, Asean, asia ataupun dunia, akan tetapi secara parsial orang-orang Indonesia itu banyak yang bisa menguasai teknologi serta industri di dunia.

BACA: Komisaris PT. Abu Tours Ditetapkan Sebagai Tersangka

“Hanya pertama belum berkembang dan orang-orang kita banyak yang belum berani keluar Indonesia,” ungkapnya

Selain itu, untuk mengembangkan Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia perlu ada peningkatan jenis-jenis keterampilan yang fokus pada IT. “Kita selalu mengajak kementrian lain dalam hal ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) dan Kementerian Industri dan Tekhnologi (Kemenristek).

Untuk Kota Makassar sendiri, tingkat pengangguran bisa dilakukan pengurang sesuai struktur, jika lebih memfokuskan terhadap alumni-alumni SMA dan SMK.

“Saya pikir melakukan pengembangan SDM melalui pelatihan yang berbasis skill, diman permintaan kerja tidak hanya melatih menghabiskan anggaran, mendorong masyarakat Makassar untuk berani keluar daerah,” Pungkasnya.

loading...