Mengenal Ma’ruf Amin, Wakil Jokowi Melawan Paket Prabowo-Sandiaga Uno

BERBAGI

MAKASSAR, SULSELEKSPRES.COM – Teka-teki pendamping Calon Presiden Petahana, Joko Widodo alias Jokowi akhirnya terjawab.

Adalah KH Ma’ruf Amin. Ulama dan Kiyai yang saat ini menjabat sebagai Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI). Maruf menyingkirkan nama Mahfud MD yang sebelumnya juga menguat mendampingi Jokowi.

Ma’ruf Amin lahir di Tangerang Banten, pada tanggal 11 Maret 1943 silam. Selain menjadi Ulama dan Kyai, ternyata KH. Ma’ruf Amin juga aktif sebagai seorang politisi.

BACA: Presiden Jokowi Dinilai Adalah Tokoh Anti Kekerasan

Profil KH. Ma’ruf Amin sebagai seorang politisi juga memiliki karir yang cukup panjang. Beliau pernah menjadi anggota Dewan Pertimbangan Presiden sejak 2007 hingga 2010. Selain itu, KH. Ma’ruf Amin juga pernah menjabat sebagai Ketua Fraksi Golongan Islam DPRD DKI Jakarta, anggota MPR-RI dari PKB, ketua komisi VI DPR-RI.

Dalam organisasi keagamaan, Ma’ruf Amin saat ini menjabat sebagai Rais Amm PBNU 2015 – 2020. Ini setelah sebelumnya jabatan ini diemban ulama sepuh, KH Mustofa Bisri alias Gusmus.

BACA: Si Anak Singkong Didorong Dampingi Jokowi di Pilpres

KH Ma’ruf Amin ini nyantrinya di Tebuireng Jombang dan melanjutkan kuliah di Universitas Ibnu Khaldun Bogor. Beliau juga mendapatkan gelar Dokotor HC dari UIN Syarif Hidayatullah Jakarta pada tahun 2012 di bidang Hukum Ekonomi Syariah.

Terpisah, penantang Jokowi Prabowo Subianto dikabarkan akan menggandeng Sandiaga Uno sebagai wakilnya. Sandi saat ini menjabat sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta.

Berikut Sulselekspres.com merangkum profil singkat KH Ma’ruf Amin:

loading...