3 Cara Hemat BBM Saat Terkena Macet

BERBAGI
Ilustrasi Macet

MAKASSAR, SULSELEKSPRES.COM – Di Kota Makassar, jalan raya kerap dilanda macet, terlebih disaat waktu aktivitas pagi dan sore.

Tentunya, bila kamu terjebak dalam situasi lalu lintas yang macet, kendaraan kamu banyak mengkonsumsi Bahan Bakar Motor (BBM), mengingat akselerasi kendaraan tidak stabil seperti melaju saat situasi jalan yang lowong.

BACA: Harga BBM Naik, Koalisi Aktivis Barisan Mahasiswa Makassar Gelar Unjuk Rasa

Untuk itu, kamu harus perhatikan 3 cara menghemat penggunaan BBM kendaraan saat terjebak macet. Berikut, 3 yang telah dirangkum Sulselekspres.com;

1. Uji emisi

Hal ini sangat lah perlu di perhatikan, penyetelan emisi dengan baik bisa membuat proses pembakaran turun dari 1 % hingga 1,4 %.

BACA: Harga Pertalite Naik, Di Sulawesi Selatan per liter Jadi Rp 8.000

Jadi, perhatikanlah jadwal uji emisi kendaraan kamu mulai sekarang.

2. Haluskan akselerasi

Saat terjebak macet, kamu perlu mengatur laju akselerasi kendaraan secara halus, sebaiknya jangan langsung menarik pedal ‘gas’ dengan full.

BACA: NEPI Kembangkan Pom Bensin Mini di Makassar

Untuk, di jalan yang menanjak, maka lakukanlah akselerasi, lalu terus sesuaikan akselerasi dengan kontur jalan. Nah, bila telah melewati tanjakan, baru lah normalkan kembali laju akselerasi.

3. Keprimaan kendaraan

Menjaga keprimaan kendaraan juga menjadi faktor yang penting. Tekanan udara di ban yang pas, oktan pada bensin yang sesuai, service mesin yang berkala, semua itu dapat membantu kendaraan yang dimiliki hemat dalam mengkonsumsi BBM.

loading...