29 C
Makassar
Minggu, September 27, 2020
Beranda Ragam Lima Alasan Memilih Menjadi Wanita Karir di Usia Muda

Lima Alasan Memilih Menjadi Wanita Karir di Usia Muda

SULSELEKSPRES.COM – Bukan zamannya lagi wanita terikat oleh tradisi zaman dulu. Dahulu, seorang wanita idealnya harus berada di rumah untuk mengurus berbagai keperluan rumah. Berbagai aktivitas yang kerap dilakukan oleh wanita di rumah adalah memasak, mencuci piring dan pakaian.

Seorang wanita umumnya hanya keluar rumah untuk belanja kebutuhan keluarga. Seiring berjalannya waktu, hal tersebut bukan lagi menjadi harapan wanita. Wanita zaman sekarang memiliki mimpi yang besar dan salah satunya adalah menjadi wanita karir.

Di era modernisasi, pemikiran kaum hawa menjadi lebih modern. Kaum perempuan ingin memiliki karir yang bagus. Wanita ingin membuktikan bahwa wanita bisa sejajar dengan kaum pria.

Menjadi career woman adalah impian yang didambakan, Sri Rezky Ani misalnya. Salah seorang karyawan bank swasta di Kota Makassar ini memilih menjadi wanita karir sejak dua tahun belakangan.

Hal mendasar yang memotivasi seorang Eky, sapaan akrab Sri Rezky Ani untuk menjadi wanita karir adalah potensi finansial yang akan didapatkan.

“Kami sebagai wanita tidak ingin lagi didiskriminasi oleh sentimen masyarakat yang menganggap bahwa pria adalah pemimpin dan wanita sebatas pengikut. Selain itu, wanita ingin memiliki pendapatannya sendiri sehingga tidak hanya bergantung pada orang tua,” papar Eky saat ditemui Sulselekspres.com, belum lama ini.

Seperti diketahui, di Indonesia terutama kota-kota besar seperti Makassar banyak sekali peluang pekerjaan yang secara khusus mencari wanita sebagai requirement sebuah lowongan pekerjaan.

Anda akan menemukan banyak sekali wanita karir yang bekerja di berbagai sektor dan profesi. Tak jarang, banyak perusahaan yang menjadikan seorang wanita sebagai pemimpin perusahaan.

Misalnya, wanita berprofesi sebagai polisi, pilot, PNS hingga pejabat negara. Ada juga wanita yang menjalankan profesi informal seperti pedagang, buruh pabrik dan hingga driver taxi online (ojol).

Beirkut beberapa alasan mengapa wanita sekarang ingin menjadi wanita karir:

1. Tidak Ingin Menjadikan Gelar Sarjana Hanya Sebuah Title

Berpendidikan tinggi adalah sebuah kebanggan tersendiri. Orang tua berjuang dengan keras agar anak-anaknya bisa memperoleh pendidikan tinggi. Tak jarang, anak-anak perempuannya juga disekolahkan di perguruan tinggi bahkan hingga keluar negeri. Seorang wanita lulusan dari perguruan tinggi, biasanya akan lebih memilih untuk bekerja ketimbang “di dapur”. Konsepnya sederhana saja. Mereka sudah menghabiskan banyak waktu untuk kuliah, sehingga setelah lulus dari perguruan tinggi, mereka ingin menerapkan apa yang telah dipelajari selama kuliah. Wanita tidak ingin perjuangan mereka untuk mendapatkan gelar saat kuliah selesai begitu saja.

2. Lebih Percaya Diri dan Memperhatikan Penampilan
Tuntutan pekerjaan seorang wanita karir untuk bertemu banyak orang membuatnya semakin percaya diri. Memiliki kemampuan berbicara di depan umum dan bisa membawa diri dengan orang baru merupakan salah satu sisi positif seorang wanita karir. Seorang wanita karir seringkali lebih memperhatikan penampilannya untuk meningkatkan rasa percaya dirinya. Penting bagi seorang wanita untuk memperhatikan penampilan saat bekerja. Penampilan merupakan aset yang harus dijaga untuk mendukung pekerjaannya. Tentu saja penampilan wanita karier harus sesuai dengan norma-norma yang ada.

3. Memiliki Passion dan Gairah yang Tinggi Dalam Menjalani Hidup
Seorang wanita karir dituntut untuk memiliki passion dalam hidupnya. Passion yang dimaksud adalah sebuah gairah atau motivasi untuk meraih kesuksesan dengan mencapai beberapa target. Secara otomatis seorang wanita karir harus menentukan arah tujuan hidupnya. Keinginan untuk terus belajar dan memiliki fokus yang tinggi dalam dirinya adalah salah satu karakter yang dimiliki wanita karir. Mereka bisa belajar banyak hal dalam pekerjaannya dan menemukan apa yang harus mereka capai untuk menjadi seseorang yang lebih baik.  Semangat dalam menjalani hidup memungkinkan seseorang menjadi lebih produktif.

 

4. Seorang Wanita yang Disegani dan Berwibawa
Menjadi wanita karir sudah menjadi impian banyak wanita. Sekarang, tidak hanya kaum pria yang memiliki akses ke dunia pendidikan dan pekerjaan. Wanita juga memiliki akses tersebut. Hal ini membuktikan bahwa wanita pun juga bisa melakukan apa yang kaum pria bisa lakukan. Tidak ada lagi kesenjangan gender antara pria dan wanita.

Menjadi wanita karir memiliki kebanggaan tersendiri. Sikapnya yang tegas dan rasa percaya diri yang dimilikinya membuat wanita karir lebih disegani. Wanita karir lebih memiliki wibawa tersendiri. Kualitas diri yang berbeda membuat seorang wanita karir lebih disegani dan berwibawa.

5. Kemampuan Menyesuaikan Diri
Dunia kerja memang sangat dinamis. Keadaan yang dinamis tersebut memaksa seseorang untuk mampu menyesuaikan diri. Pada dasarnya, semua orang memiliki kemampuan untuk beradaptasi. Akan tetapi, tidak semua orang mau beradaptasi pada situasi baru. Kebanyakan dari mereka lebih suka berada di comfort zone.

Menjadi seorang wanita karir memang tidak mudah. Seorang wanita karir harus memiliki keinginan untuk menyesuaikan diri. Untuk bisa memiliki karir yang cemerlang dibutuhkan kemampuan untuk bisa menyesuaikan diri karena dunia pekerjaan sangat dinamis. Kemampuan menyesuaikan diri memungkinkan Anda untuk menikmati setiap proses untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

Menjadi wanita karir tidak semudah yang dipikirkan. Untuk mencapai karir yang cemerlang tentu dibutuhkan kerja keras. Dibutuhkan sebuah pengorbanan yang luar biasa dalam menjalani kehidupan sebagai wanita karir. Posisinya sebagai wanita karir sekaligus sebagai ibu rumah tangga membuatnya memiliki dua tanggung jawab berbeda yang harus dijalankan sekaligus.

Headline

Denny Siregar: Pak Gatot Berapa Anggota PKI yang Sudah Ditangkap Saat Menjabat?

SULSELEKSPRES.COM - Penggiat media sosial Denny Siregar ikut menyoal sikap mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Gatot Nurmantyo, yang dianggap terus menghembuskan isu kebangkitan PKI. Denny...

Saudi Bertahap Buka Umrah, Kemenag Tunggu Rilis Izin Masuk

​SULSELEKSPRES.COM - Kerajaan Arab Saudi secara bertahap akan kembali membuka penyelenggaraan ibadah umrah. Diawali dengan izin terbatas bagi warga negara dan ekspatriat yang tinggal...

Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Unimerz Jalani Akreditasi

SULSELEKSPRES.COM - Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) Universitas Megarezky (Unimerz) Makassar, menjalani akreditasi secara virtual. Pandemi Covid 19 menyebabkan kegiatan akreditasi program studi...

Unimerz-Pemprov Sulsel Kerja Sama di Sektor Penelitian dan Pengembangan

MAKASSAR, SULSELEKSPRES.COM – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Selatan (Sulsel) menyepakati kerja sama di bidang Penelitian dan Pengembangan. Kesepakatan kerjasama ini ditandai dengan penandatangan Nota Kesepahaman...