Wapres JK Resmikan Pusat Penelitian Kakao di Kabupaten Pangkep

Selain JK, peletakan batu pertama ini turut pula dihadiri Gubernur Sulawesi Selatan, Syahrul Yasin Limpo, Menteri Pertanian Republik Indonesia, Andi Amran Sulaiman dan Board Of Director Mars, Frank Mars dan sekaligus Mantan Presiden Global Mars Symbioscience.

MAKASSAR, SULSELEKSPRES.COM – Wakil Presiden RI HM Jusuf Kalla (JK) meresmikan pusat penelitian kakao di Kabupaten Pangkep (17/11/2017). Pusat penelitian kakao canggih ini didirikan oleh Mars Symbioscience Indonesia yang merupakan anak dari perusahaan Mars Inc. Produsen,merupakan merek cokelat ternama di dunia.

Pusat penelitian kakao di Pangkep ini melengkapi fasilitas serupa yang sudah ada sebelumnya di Tarengge, Sulsel yang telah dibangun sejak tahun 2010 yang lalu.

JK mengatakan, suatu ekonomi akan tumbuh dan berjalan dengan baik jika selalu meningkatkan penelitian.

“Ini adalah satu bukti untuk melaksanakan sebuah penelitian. Dengan kemampuan yang keras serta semangat yang kuat pasti akan bisa meningkatkan penelitian dengan baik,” ujarnya.

Dengan adanya Pusat penelitian kakao di Pangkep ini, kata JK, diharapkan meningkatkan pertumbuhan ekonomi yang lebih tinggi lagi di Sulsel.

“Meskipun angka harga jual beli kakao sudah semakin menurun. Tapi kalau kita terus kembangkan pasti akan bertambah nantinya,” tambahnya.

Sementara itu, Board of Directors of Mars. Inc, Frank Mark mengatakan, investasi di Pangkep ini adalah fasilitas penelitian kakao kedua di Indonesia, dimana hal ini berkaitan erat dengan bagaimana Mars menerapkan prinsip bisnisnya secara nyata, khususnya pada prinsip Mutualitas.

Kakao telah membuka lapangan kerja bagi lebih dari 6,5 juta keluarga petani di seluruh Afrika, Amerika Selatan dan Asia Tenggara. Namun, 40% produksi kakao menurun karena serangan hama, penyakit dan praktik pertanian yang kurang tepat.

“Jika Mars dan seluruh pemain industri tidak merubah kondisi ini dan membuka lapangan kerja bagi petani, maka tidak akan ada petani yang ingin menanam kakao dan pada akhirnya kakao akan punah. Kami berharap melalui Pusat Penelitian Kakao di Pangkep dapat merubah keadaan ini,” ujarnya.

BACA JUGA :  Tiba di Afganistan, Jusuf Kalla Dijemput Helikopter Militer

Peletakan batu pertama ini turut pula dihadiri Gubernur Sulawesi Selatan, Syahrul Yasin Limpo, Menteri Pertanian Republik Indonesia, Andi Amran Sulaiman dan Board Of Director Mars, Frank Mars dan sekaligus Mantan Presiden Global Mars Symbioscience.