24 C
Makassar
Rabu, Januari 19, 2022
BerandaNasionalHabib Bahar: Bagi Saya Pemimpin Tertinggi TNI Bukan KSAD, Panglima, atau Presiden,...

Habib Bahar: Bagi Saya Pemimpin Tertinggi TNI Bukan KSAD, Panglima, atau Presiden, Tapi

- Advertisement -

SULSELEKSPRES.COM – Penceramah kontroversial Habib Bahar bin Smith, mengklarifikasi soal ceramahnya yang menyentil nama KSAD Jenderal Dudung Abdurachman.

Dia mengatakan, kalau dirinya dalam ceramah tersebut tidak sedang membahas TNI ataupun Polri. Dirinya disebut hanya menyinggung soal pejabat atau petinggi TNI yang salah dalam mengeluarkan kebijakan.

“Saya tidak bahas TNI, saya tidak bahas Polri, tapi petinggi pejabat TNI ataupun polri yg mengeluarkan kebijakan salah.” kata Habib Bahar dalam pesannya yang dibacakan Refly Harun melalui channel Youtubenya, (20/12/2021).

“Kebanyakan TNI cinta kepada ulama dan habib, karena TNI lahir dari rahim ulama yaitu Jendral Sudirman.” tambahnya.

Habib Bahar juga menyampaikan kalau dirinya tidak melawan negara. Dirinya disebut hanya mengkritik pernyataan keliru KSAD Jenderal Dudung Abdurachman, namun segala kebijakan yang dianggap baik tetap dia dukung.

“Bagi saya pemimpin tertinggi TNI bukan Kasad, bukan panglima, bukan presiden  tapi bangsa dan rakyat Indonesia.” ujar dia.

Hal ini disampaikan Habib Bahar usai dirinya mendapat kabar kalau dirinya kembali dilaporkan ke polisi atas dugaan ujaran kebencian.

Polda Metro Jaya telah menerima dua laporan yang dilayangkan kepada Bahar bin Smith.

“Saya sudah biasa dilaporkan bang Refly, dari jaman SBY sampai sekarang. Jangankan satu dua atau tiga laporan, seribu laporan tetap bakal saya hadapi sebagai warga negara taat hukum,” kata dia.

Dia mengatakan, dirinya tidak bakal mundur hanya dengan adanya laporan demikian. Habib Bahar menyebut dirinya hanya menyampaikan kebenaran bukan ujaran kebencian.

Dia juga meminta agar rekaman ceramahnya diperdengarkan secara utuh, tidak dipotong-potong.

“Tak bakal saya mundur sejengkalpun, karena yang saya sampaikan adalah kebenaran. Saya menebar kebencian kepada siapa, putar rekaman saya secara utuh jangan dipotong-potong,” katanya.

BACA JUGA :  Jokowi Minta Kapolri Tidak Represif ke Demonstran, Tapi...

Seperti diketahui, Polda Metro Jaya menerima dua laporan yang dilayangkan kepada Bahar bin Smith.

Laporan tersebut terdaftar dengan nomor LP/B/6146/XII/2021/SPKT/Polda Metro Jaya bertanggal 7 Desember 2021. Pada laporan ini dia dilaporkan bersama Eggi Sudjana.

Sedangkan pada LP/B/6354/XII/2021/SPKT/Polda Metro Jaya bertanggal 17 Desember 2021, Bahar bin Smith dilaporkan seorang diri.

Video tanggapan Habib Bahar bisa didengarkan utuh dalam video berikut:

https://youtu.be/aMsYgtPThUY

BACA JUGA

Headline

IDR - Indonesian Rupiah
USD
14.318,8
EUR
16.268,5
JPY
123,9
KRW
12,0
MYR
3.401,9
SGD
10.563,6