28 C
Makassar
Friday, September 20, 2024
HomeDaerahWalikota Bontang Apresiasi Festival Tanjung Pallette Bone

Walikota Bontang Apresiasi Festival Tanjung Pallette Bone

PenulisYusnadi
- Advertisement -

BONE, SULSELEKSPRES.COM – Festival Tanjung Pallette jilid II kembali dilaksanakan di Kawasan Tanjung Pallette, Kota Watampone, Jumat (2/8/2024).

Namun ada hal yang menarik dalam pembukaan Festival Tanjung Palette II. Disaat Pj Bupati Bone, Andi Islamuddin tidak menghadiri acara tersebut.

Walikota Bontang, Basri Rase sedang pulang kampung di Kabupaten Bone, menyempatkan waktu untuk menghadiri kegiatan Pemkab Bone, melalui Dinas Pariwisata Kabupaten Bone, yang dilaksanakan di Destinasi Wisata Tanjung Palette, Kelurahan Palette, Kecamatan Tanete Riattang Timur.

“Apresiasi untuk Dinas Pariwisata Bone memperkenalkan kearifan lokal wisata Bone melalui Festival Tanjung Pallette,” kata pria yang pernah menjadi anggota DPRD Bontang ini.

Dalam kesempatan tersebut pembukaan Festival ini diawali dengan lomba Bakar ikan oleh peserta dari perwakilan OPD bersama Forkopimda Bone. Para peserta terlihat antusias menyiapkan berbagai menu ikan bakar yang nantinya akan dinilai oleh para juri.

Lebih lanjut, Basri Rase menambahkan salah satu hal penting yang harus dilakukan dalam mengembangkan Pariwisata adalah dengan gencar melakukan promosi agar destinasi wisata ramai pengunjung.

“Ini adalah hal yang bagus, perlu dipromosikan lebih luas lagi karena berbicara wisata tanpa promosi itu tidak bisa,” lanjutnya.

Terkait wisata ada beberapa hal yang harus dibenahi, sarana dan prasarana harus diperbaiki, untuk itu kita juga bisa bermitra dengan pihak ketiga atau investor,” jelasnya.

Basri Rase juga mengapresiasi Dinas Pariwisata Kabupaten Bone yang telah menggelar Festival Tanjung Palette II ditengah minimnya anggaran yang ada.

“Perlu diapresiasi, ditengah anggaran yang sangat minim dinas pariwisata Bone mampu berinovasi dan berkreasi, kita berharap banyak influencer yang bisa terlibat dan membuat tempat Wisata di Bone lebih dikenal lagi,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Bone, Andi Promal Pawi mengungkapkan akan banyak rangkaian acara yang dilaksanakan dalam festival ini.

“Diantaranya kuliner bakar ikan dan lomba memancing yang di laksanakan di Tanjung Palette, Pentas Seni Budaya, jajakan UMKM di Lapangan Merdeka, serta Bone Run Night,” ungkapnya.

Andi Promal menjelaskan kalau kegiatan Tanjung Palette II ini berlanjut dan akan dilaksanakan empat tahun berturut-turut. Hal itu dilakukan untuk bisa mencapai target hingga dapat terdaftar di Kementerian Pariwisata dalam Kharisma Event Nusantara (KEN).

“Festival Tanjung Palette ini sudah kedua kalinya mudah-mudahan berlanjut sampai empat kali berturut-turut, hingga kedepannya dapat terdaftar di Kementerian Pariwisata jadi Kharisma Event Nusantara,” jelasnya.

Dikatakan, Andi Promal,.kegiatan ini dihadirkan salah satu upaya untuk meningkatkan minat wisatawan untuk mengunjungi pariwisata di Kabupaten Bone.

“Upaya membangun pariwisata bukanlah hal yang mudah, karena itu dibutuhkan kolaborasi semua sektor, serta memperhatikan perbaikan sarana dan prasarana, khususnya Jalan utama menuju destinasi wisata. Contohnya jalanan di Tanjung Palette yang sudah mengalami perbaikan,” ujar mantan Kepala Dinas Kebudayaan ini.

Sekedar diketahui, Kegiatan Festival Tanjung Pallette sendiri digelar di dua tempat yakni dikawasan wisata Tanjung Pallette, Kelurahan Palette Kecamatan Tanete Riattang Timur.

Selanjutnya, di Lapangan Merdeka Watampone, Kecamatan Tanete Riattang Timur, Kabupaten Bone mulai tanggal 2 – 7 Agustus 2024.

spot_img
spot_img
spot_img

Headline

spot_img
spot_img