24 C
Makassar
Thursday, October 17, 2024
HomeDaerahMentan RI Kunjungan Kerja di Sulsel. TNI-Polri, BUMN dan Forkopimda Kompak Dukung...

Mentan RI Kunjungan Kerja di Sulsel. TNI-Polri, BUMN dan Forkopimda Kompak Dukung Kemajuan Pertanian

- Advertisement -

BONE, SULSELEKSPRES.COM– Menteri Pertanian (Mentan) Republik Indonesia Andi Amran Sulaiman melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Bone, Gowa, dan Wajo, selama dua hari yakni Kamis-Jumat (10-11/10/2024).

Menteri kelahiran Bone ini dijadwalkan akan menghadiri dua agenda penting di dua titik di dua kecamatan yang berbeda di Kabupaten Bone.

Di lokasi pertama, Mentan Andi Amran akan kunker di Desa Matajang Kecamatan Dua Boccoe, Kamis, (10/10) Pagi dalam rangka Optimalisasi Lahan (Oplah) Rawa.

Lokasi kedua, Andi Amran akan melakukan kunjungan kerja di lokasi Pabrik Gula PT Sinergi Gula Nusantara Camming, Kecamatan Libureng. Di lokasi ini Ketua Umum PP IKA Unhas ini akan melaksanakan olah tanah dan tanam perdana tebu P8T serta penyerahan bantuan. Tebu P8T adalah varietas yang dikembangkan PT Perkebunan Nusantara (PTPN) yang hasilnya dapat mencapai delapan ton per hektare.

Sementara kunjungan di hari kedua, Jumat, (11/10) besok Owner Tiran Group yang juga Pendiri AAS Foundation ini melakukan kunjungan di dua titik. Pertama, lokasi panen padi di Desa Sunggumanai, Kecamatan Patallasang, Kabupaten Gowa. Lokasi kedua di Desa Tonro Tengah, Kecamatan Pammana, Kabupaten Gowa.

Setelah peninjauan olah lahan dan tanam padi, selanjutnya dilakukan dialog dengan petani, penyuluh dan pengecer pupuk.

Dari informasi orang terdekat Mentan RI, Yasir Machmud, Andi Amran Sulaiman akan bertolak dari ASS Buylding Makassar ke Bone menggunakan heli, Kamis pagi (10/10).

Dikatakan Yasir sejumlah pejabat yang mendampingi Mentan Yakni Kasum TNI Letjen TNI Bambang Ismawan, Kabarhakam Polri Komjen Pol. Fadil Imran, Pj Gubernur Sulsel Prof Zudan Fakrullah, dan Let (Pur) Ida Bagus.

Pejabat lainnya yang mendampingi Mentan yakni Kapolda Sulsel Irjen Pol Yudhiawan, Waaster Panglima TNI Jendral TNI Agus Subiyanto, Dirut Pupuk Indonesia, Dirut PTPN III, Waaster Kasad.

“Rombongan Mentan RI ke Bone akan menggunakan jalur udara, menggunakan heli ASS Buylding dan Heli Polri,” ucap Politisi Gerindra kepada sulselekspres.com.

Diketahui Mentan RI Andi Amran Sulaiman saat ini sudah berada di Kota Makassar bersama sejumlah rombongan pejabat yang bakal mendampingi kunker di Bone, Kamis besok (10/10).

Pada kunjungan kali ini, Mentan Amran didampingi oleh Tenaga Ahli Menteri Letjen (Purn) Ida Bagus Purwalaksana, Kepala Staf Umum (Kasum) TNI Letjen TNI Richard Tampubolon, Kabaharkam Polri Komjen Pol Mohammad Fadil Imran, Pj Gubernur Sulsel Zudan Arif Fakhrulloh, Kapolda Sulsel Irjen Pol Yudhiawan Wibisono, Kasdam XIV/Hasanuddin Brigjen TNI Rusmili, Waaster Panglima TNI Brigjen TNI (Mar) Bambang Hadi, dan Waaster Kasad Brigjen TNI Heri Susanto.

Dari BUMN turut serta, Dirut Pupuk Indonesia Rachmad Pribadi dan Dirut PTPN III Mohammad Abdul Ghani.

Selain itu, para bupati di setiap lokasi juga akan turut menyambut, seperti Pj Bupati Bone Andi Winarno, Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan, dan Bupati Wajo Andi Bataralifu.

Adapun Panglima Divisi Infanteri 3/Kostrad Mayjen Bangun Nawoko dan Pangdam XIV/ Hasanuddin Mayjen Bobby Rinal Makmun berhalangan hadir karena sedang menghadiri Apel Dansat di Jakarta.

Kehadiran seluruh pihak, baik dari TNI, Polri, BUMN dan Forkopimda Sulsel ini merupakan wujud kesiapan dalam mendukung dan menyukseskan program Mentan Amran di Sulawesi Selatan.

Dalam berbagai kesempatan, Andi Amran selalu mengajak berbagai pihak untuk kerjasama membangun Sulsel, terutama sektor pertanian yang saat ini dinakhodainya.

Untuk tahun 2024 ini Sulsel telah menerima bantuan reguler pertanian senilai Rp 365 miliar, bantuan pertanian pasca banjir senilai Rp 48,3 miliar, dan pupuk subsidi senilai Rp 2,57 triliun.

Kementan juga menjalankan program andalannya di Sulsel, seperti Oplah, Pompanisasi, dan Perluasan Areal Tanam.

Hubungan dan sinergitas dengan berbagai lembaga pemerintah seperti TNI, Polri, Pemprov, BUMN dan Kementerian/Lembaga lainnya, tentu akan semakin menguatkan semua program yang telah dicanangkan oleh Kementan. (*)

Laporan: Yusnadi

spot_img
spot_img

Headline

spot_img