Dilaporkan ke AFC, PSSI Justru Sindir Malaysia

Foto Ilsutrasi logo PSSI/ IST

SULSELEKSPRES.COM – Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) menyindir aduan Federasi Sepak Bola Malaysia (FAM) ke AFF dan AFC terkait hinaan yang dialamatkan suporter Indonesia kepada Timnas Malaysia U-16.

Ketua Umum PSSI, Edy Rahmayadi, mengatakan FAM hanya terlalu emosi dalam menyikapi nyanyian tersebut. Ia juga menyebut hal itu tak lepas dari bentuk kekecewaan FAM karena Malaysia U-16 kalah dari Thailand pada laga itu.

Baca: Kalah Dari Thailand, Malaysia Salahkan Indonesia

“Presiden FAM tidak demikian (melaporkan PSSI ke AFC). Itu ‘kan karena ada satu-dua (orang) yang kecewa dan saya pikir itu karena Malaysia kalah jadi emosional. Coba menang, pasti tidak begitu,” kata Edy, dikutip dari kumparan.com (1/8/2018).

Diketahui, Dalam pertandingan yang dihelat di Stadion Joko Samudro, Gresik, Malaysia U-16 yang tergabung di Grup B harus takluk dari Thailand dengan skor 1-2.

Baca: Viral! Bendera Indonesia Dibalik Oleh Pemain Timnas Malaysia

Baca: Balik Bendera Indonesia, Pemain Timnas Malaysia Minta Maaf

Saat pertandingan berlangsung, beberapa pendukung Indonesia yang hadir di stadion mengejek Malaysia dengan sebutan ‘Malaysia anji**’. Sontak, hal itu membuat FAM panas.

Dalam situs resminya, FAM mengirim surat kepada AFC dan AFF terkait ejekan tersebut.
“Federasi Sepak Bola Malaysia (FAM) hari ini telah mengirimkan surat protes kepada Federasi Sepakbola ASEAN (AFF) dan Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) mengenai tindakan ekstrem pendukung tuan rumah, Indonesia menghina nama negara Malaysia dengan menyanyikan chant berbunyi ‘Malaysia itu anji**’ pada pertandingan Piala AFF U-16 di Surabaya,” tulis surat FAM dalam situs resminya.

Baca: Ini 4 Nama Terkuat Cawapres Pendamping Prabowo

Kendati demikian, tindakan suporter Indonesia itu sendiri bukan tanpa alasan. Sebab insiden itu diduga sebagai buntut dari tindakan salah seorang pemain Timnas Malaysia U-16, Amirul Ashrafiq Hanifah, yang memasang bendera Indonesia secara terbalik saat mengunggah Instagram Story jelang keberangkatan Timnas Malaysia U-16 ke Indonesia.

BACA JUGA :  Tak Berpikir Masa Depan, Hamka Hamzah Fokus Bela PSM

Aksi itu sontak jadi buah bibir di Indonesia. Warganet membanjiri Instagram personal sang pemain dengan beragam komentar sebagai luapan kemarahan.

Baca: Sinyal PDIP, Cawapres Jokowi dari Indonesia Timur

Diketahui, Amirul Ashrafiq Hanifah melalui Asosiasi Sepak Bola Malaysia (FAM) sudah minta maaf atas tindakannya itu. Begitu pula dengan pelatih Timnas Malaysia U-16, Raja Azlan Shah Raja, yang melayangkan permohonan maaf.