DP2 Makassar Sebarkan Cara Pembuatan Silase

MAKASSAR, SULSELEKSPRES.COM – Dinas Perikanan dan Pertanian atau disingkat DP2 Kota Makassar menggelar pelatihan penerapan teknologi hasil peternakan “Pembuatan Silase”, di UPT Pusat Kesehatan Hewan Kota Makassar, Jalan H Mahsun Dg Nompo, Selasa (4/9/2018).

Kegiatan yang melibatkan puluhan peternak se-Kecamatan Manggala ini bertujuan untuk mensosialisasikan pembuatan Silase yang merupakan pakan ternak.

Tenaga Ahli Peternakan, Mawardi Asja menjelaskan, penerapan teknologi pengawetan pakan Silase sangat penting untuk menjaga persediaan pakan ternak pada musim kemarau tiba.

“Kalau musim hujan banyak rumput tumbuh. Kalau musim kemarau tidak ada. Nah dengan penerapan teknologi Silase dapat menjaga persediaan makanan ternak pada musim kemarau,” jelas Mawardi.

Ia menambahkan, bahan baku Silase hanya berdasarkan limbah pertanian dan perkebunan. Bahan bakunya berasal dari bijian dan tumbuhan, seperti rumput dan dedak.

“Kita tidak hanya membuat silase. Tetapi peternak juga harus tahu bagaimana membuat rumput berkualitas sebagai bahan membuat Silase,” ungkapnya.

Pada kegiatan itu, dibuka oleh Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Makassar Abdul Rahman Bando.

Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Makassar Abdul Rahman Bando membuka pelatihan penerapan teknologi hasil peternakan “Pembuatan Silase”, di UPT Pusat Kesehatan Hewan Kota Makassar, Jalan H Mahsun Dg Nompo.

BACA JUGA :  Ini Penyebab Utama Harga Ikan Meningkat di Pasaran