33 C
Makassar
Selasa, September 21, 2021
BerandaRagamIni 7 Ciri-ciri Orang Cerdas Menurut Penelitian

Ini 7 Ciri-ciri Orang Cerdas Menurut Penelitian

- Advertisement -

SULSELEKSPRES.COM – Semua orang memiliki kecerdasan yang berbeda-beda. Tentunya kecerdasan ini dapaat diukur dengan beberapa hal. Setiap orang memiliki kelebihan dan kelemehan sendiri-sendiri.

Namun, jika kamu dapat menguasai kelebihanmu dengan baik, kamu bisa menjadi orang cerdas dengan bidang tertentu.

Orang-orang yang cerdas tentu memiliki karakter yang unik, di mata orang lain. Berikut ini adalah beberapa karakter atau kualitas yang dimiliki orang cerdas.

1. Mudah Beradaptasi

Orang-orang cerdas biasanya lebih mudah beradaptasi dengan menunjukkan apa yang dapat dilakukan tanpa mempedulikan kerumitan atau batasan yang dikenakan pada mereka. Melansir dari inc.com (26/7), menurut penelitian psikologis terbaru mendukung gagasan ini.

Kecerdasan bergantung pada kemampuanmu untuk mengubah perilakumu sendiri untuk mengatasi lingkungan secara lebih efektif, atau membuat perubahan pada lingkungan tempatmu berada.

2. Tidak Takut untuk Mengatakan “Tidak Tahu”

Orang-orang cerdas dapat mengakui ketika mereka tidak terbiasa dengan konsep tertentu. Orang-orang cerdas tidak takut untuk mengatakan “saya tidak tahu” jika mereka tidak mengetahuinya, mereka dapat mempelajarinya.

Pengamatan Winer didukung oleh studi klasik oleh Justin Kruger dan David Dunning, yang menemukan bahwa semakin dirimu kurang cerdas, semakin kamu melebih-lebihkan kemampuan kognitifmu.

3. Mereka Memilik Rasa Ingin Tahu yang Tak Terpuaskan

Orang cerdas membiarkan diri mereka terpesona oleh hal-hal yang dianggap remeh oleh orang lain. Penelitian yang diterbitkan pada tahun 2016 menunjukkan ada hubungan antara kecerdasan masa kanak-kanak dan keterbukaan terhadap pengalaman yang meliputi rasa ingin tahu intelektual di masa dewasa.

4. Berpikir Terbuka

Orang cerdas tidak menutup diri terhadap ide atau peluang baru. Hammett menulis bahwa orang cerdas bersedia menerima dan mempertimbangkan pandangan lain dengan nilai dan pikiran yang luas, dan bahwa mereka terbuka untuk solusi alternatif.

Psikolog mengatakan bahwa orang yang berpikiran terbuka mereka yang mencari sudut pandang alternatif dan menimbang bukti secara adil, cenderung mendapat skor lebih tinggi pada tes kecerdasan. Pada saat yang sama, orang cerdas berhati-hati tentang ide dan perspektif mana yang mereka adopsi.

BACA JUGA :  Pesan Berantai Adopsi Anak Korban Gempa Palu Beredar, Emak-emak Serbu SD Akar Panrita

5. Mereka Menyukai Diri Mereka Sendiri

Menariknya, penelitian baru-baru ini menunjukkan bahwa orang yang lebih pintar cenderung memperoleh kepuasan yang lebih sedikit daripada yang dilakukan kebanyakan orang dari bersosialisasi dengan teman.

6. Memiliki Pengendalian Diri yang Tinggi

Orang pintar mampu mengatasi impulsif dengan merencanakan, mengklarifikasi tujuan, mengeksplorasi strategi alternatif, dan mempertimbangkan konsekuensi sebelum mereka mulai.

7. Mereka Begitu Lucu dan Memiliki Selera Humor yang Tinggi

Orang yang sangat cerdas cenderung memiliki selera humor yang tinggi. Satu studi menemukan orang yang menulis teks kartun lucu mendapat skor lebih tinggi pada ukuran kecerdasan verbal. Studi lain menemukan komedian profesional mendapat skor lebih tinggi dari rata-rata pada ukuran kecerdasan verbal.

Kecerdasan setiap orang tentu berbeda-beda, mereka selalu merasa ingin tahu dari segala hal. Namun mereka tidak menyobongkan diri mereka.

BACA JUGA
spot_img
spot_img
spot_img

Headline

IDR - Indonesian Rupiah
USD
14.238,0
EUR
16.704,2
JPY
129,8
KRW
12,0
MYR
3.397,7
SGD
10.540,3
- Advertisment -