24 C
Makassar
Kamis, Oktober 29, 2020
Beranda Daerah Kriminalisasi Petani Soppeng, Kuasa Hukum: Lurah Pun Tak Tahu Nama Kawasan Hutan

Kriminalisasi Petani Soppeng, Kuasa Hukum: Lurah Pun Tak Tahu Nama Kawasan Hutan

- Advertisement -

SULSELEKSPRES.COM – Kasus kriminalisasi petani Soppeng Natu, Ario dan Sabang atas dugaan menebang pohon dalam kawasan hutan tanpa seizin pejabat yang berwenang, sebagaimana ketentuan dalam Undang-undang Nomor 18 tahun 2013 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Pengerusakan Hutan (UU P3H), masih dalam tahap persidangan.

Menurut Tim Kuasa Hukum dari Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Makassar, Ady Anugrah Pratama menyampaikan bahwa fakta persidangan menunjukkan Natu dan keluarga tak mengetahui bahwa lokasi kebunnya masuk dalam kawasan hutan.  Dua orang saksi dari  unsur pemerintah setempat mengaku tak tak pernah menyampaikan ke masyarakat tentang kawasan hutan dan batas-batas kawasan hutan.

“Bayangkan, lurah saja tidak tahu nama kawasan hutan, termasuk batas-batas kawasan hutan. Apalagi masyarakat kecil. Jadi jangan main tangkap atau melapor polisi,” tegas Ady melalui rilis yang diterima.

Sebelumnya, kata Ady, pada sidang di ruang sidang utama Pengadilan Negeri Watansoppeng, Selasa (13/10/2020), Jaksa penuntut umum menghadirkan Lurah Bila sebagai saksi dalam persidangan.

“Di persidangan sebelumnya dua orang polisi kehutanan yang diperiksa di persidangan mengakui bahwa memang tak pernah dilakukan sosialisasi langsung kepada masyarakat tentang kawasan hutan dan batas-batas kawasan hutan. Salah satu alasan jarang dilakukan sosialisasi adalah masalah anggaran yang tidak tersedia,” tambah Ady Anugrah Pratama.

Ady berharap pihak kehutanan dan penegak hukum tak langsung tangkap atau memproses hukum masyarakat yang tinggal di dalam atau sekitar hutan.

Headline

Anak Didiknya Dipanggil Timnas, Ini Komentar Pelatih Akademi PSM

MAKASSAR, SULSELEKSPRES.COM - Pelatih akademi PSM Makassar, Muhammad Irfan Rahman, mengaku sangat bahagia ada anak didiknya yang kembali dipanggil oleh tim nasional Indonesia. Ia mengaku,...

3 Pemain U-16 PSM Juga Dipanggil Seleksi Garuda Select III

MAKASSAR, SULSELEKSPRES.COM - Pihak Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) baru saja menyampaikan surat permintaan pemain akademi PSM Makassar untuk mengikuti seleksi Garuda Select III. Dua pemain akademi...

Dua Pemain Akademi PSM Dipanggil Seleksi Garuda Select III

MAKASSAR, SULSELEKSPRES.COM - Pihak asosiasi Sepakbola tertinggi Indonesia, Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) kembali memanggil dua pemain muda PSM Makassar untuk mengikuti tahap seleksi di tim...

PW-KKT Jeneponto Kaltim Segera Dilantik

MAKASSAR, SULSELEKSPRES.COM - Pengurus Pusat Kerukunan Keluarga Turatea (PP-KKT) Jeneponto bersama Perwakilan Pengurus Wilayah dan Panitia KKTJ Kaltim, menggelar rapat persiapan pelantikan. Rencananya, pelantikan pengurus...