24 C
Makassar
Kamis, Desember 1, 2022
BerandaDaerahPKK Pangkep Berguru PKK Remaja di Parepare

PKK Pangkep Berguru PKK Remaja di Parepare

- Advertisement -

PAREPARE, SULSELEKSPRES.COM – Tim Penggerak Kabupaten Pangkep memilih Kota Parepare sebagai lokasi studi tiru. Hal itu lantaran, Kota Parepare disebut sebagai satu-satunya daerah di Sulawesi Selatan bahkan di Indonesia yang telah membentuk PKK Remaja.

Di bawah kepemimpinan Erna Rasyid Taufan, Istri Taufan Pawe, Wali Kota Parepare, TP PKK Parepare berhasil membentuk PKK Remaja di tingkat kelurahan. Hal itu pula yang menjadi daya tarik sehingga TP PKK Pangkep memilih kota bertajuk Cinta BJ Habibie ini.

Kunjungan studi tiru itu dilakukan di Kelurahan Watang Bacukiki, Kecamatan Bacukiki, Kota Parepare, Kamis, (10/02/2022).

Sekretaris TP PKK Kabupaten Pangkep, Mustabsyrha mengatakan, studi tiru tersebut dilaksanakan untuk melihat program-program kerja TP PKK Parepare khususnya pada program kerja Pokja I, termasuk strategi pembentukan PKK Remaja.

“Kami ingin melihat seperti apa kegiatan-kegiatan Pokja I di Kota Parepare bagaimana PKK Remajanya, apa-apa kegiatan-kegiatan yang ada dalam PKK Remaja Pokja I secara khusus. Itu sebenarnya tujuan utama kami datang di Kota Parepare,” jelasnya.

BACA JUGA :  Pemkot dan DPRD Sepakati APBD Perubahan 2018

Setiba di Kelurahan Watang Bacukiki, tambahnya, Ia mengaku terkesan dengan segala aktivitas penjemputan yang dilakukan oleh PKK Remaja di kelurahan tersebut.

“Mulai dari pertama kami turun dan disambut oleh perangkat daerah. Kami sudah mulai terkesan oleh aktivitas atau kegiatan-kegiatan oleh PKK Remaja mulai dari penjemputan semua yang bergerak adalah bagian dari PKK Remaja sampai kegiatan-kegiatan yang ada di ruangan, simulasi bersama anak-anak PKK Remaja dan juga barter dengan Forum Anak Kabupaten Pangkep. Luar biasa dan sangat antusias untuk mengikuti kegiatan-kegiatan tersebut sehingga pada kesempatan ini, kami-betul-betul mendapatkan kesempatan untuk memperoleh informasi dan ilmu,” paparnya.

Ia mengungkapkan alasan menjadikan Kota Parepare sebagai Kota tujuan studi tiru, karena Parepare khususnya Kelurahan Watang Bacukiki, Kecamatan Bacukiki merupakan satu-satunya Kota yang ada di Provinsi Sulawesi Selatan yang memiliki PKK Remaja yang dinilai sangat aktif dan lengkap.

“Kami memilih Kota Parepare karena kami mendapatkan informasi bahwa Kota Parepare satu-satunya kota yang ada di Provinsi Sulawesi Selatan yang menerapkan PKK Remaja yang sudah lengkap. Mungkin di setiap Kecamatan sudah ada PKK Remajanya,” ulangnya, menekankan.

Tidak hanya itu lanjutnya, Kota Parepare beberapa tahun terakhir telah menyandang predikat Kota Layak Anak (KLA) hingga meraih kategori Nindya, sehingga Kota yang dinakhodai Wali Kota Taufan Pawe layak menjadi daerah percontohan di Provinsi Sulawesi Selatan.

Sementara, Sekretaris TP PKK Kota Parepare Wahyuni Chalik yang turut menerima kunjungan tersebut mengatakan, Kelurahan Watang Bacukiki dipilih menjadi lokus studi tiru dikarenakan kelurahan tersebut yang pertama membentuk PKK remaja dan telah memiliki banyak program.

“Mereka datang di Kota Parepare untuk mengadakan studo tiru terkait masalah program Pokja I khususnya dalam bidang pembinaan pola asuh anak dan remaja di era digital. Kenapa kami menunjuk Kelurahan Watang Bacukiki sebagai lokus karena di kelurahan ini yang pertama membentuk PKK remaja, kemudian PKK remaja ini ada beberapa kegiatan atau program yang sudah dilakukan di antaranya kelompok pembinaan atau pendamping stunting kemudian ada kelompok simulasi pola asuh anak dan remaja yang telah dilakukan tadi,” ungkap Wahyuni.

Hadirnya PKK remaja di Kelurahan Watang Bacukiki kata Wahyuni, sebagai wujud sinergi antara Pengurus PKK dan pembina PKK yang ada di Kelurahan tersebut untuk membimbing PKK remaja.

Untuk diketahui, di hari yang sama, Kelurahan Watang Bacukiki juga mendapat kunjungan atau studi tiru dari Tim Penggerak PKK Kelurahan Bontang Lestari Kota Bontang.

spot_img

Headline

Populer