22 C
Makassar
Jumat, Juli 30, 2021
BerandaHukrimPolda Sulsel Pantau Sosial Media selama PPKM

Polda Sulsel Pantau Sosial Media selama PPKM

- Advertisement -

SULSELEKSPRES.COM – Polda Sulawesi Selatan (Sulsel) akan memasifkan patroli siber saat PPKM. Timnya akan menyasar akun-akun media sosial dan website yang melakukan provokasi kepada netizen.

Kabid Humas Polda Sulsel, Kombes Pol E Zulpan mengatakan, akun-akun medsos dan website ini diduga kerap memberikan informasi yang tidak sesuai fakta ke publik.

“Jadi meme sama berita hoaks soal PPKM dan penanganan Covid-19 di Sulsel. Itu kita pantau lewat patroli siber,” kata Kombes Pol Zulpa, Rabu (21/7/2021).

BACA JUGA :  3 Petani Asal Pinrang Dibekuk Saat Kuasai Puluhan Paket Sabu

Dia menambahkan, sejauh ini kepolisian konsisten mendukung program pemerintah. Apalagi ada varian delta yang sudah masuk ke wilayah Kota Makassar.

Kombes Pol Zulpan mengatakan, bakal menindak para pemilik akun yang berupaya memprovokasi dan atau menyebarkan informasi hoaks.
“Tidak langsung dipidana kita panggil dulu orangnya diberikan pemahaman, pengertian. Kita lihat konteksnya sifatnya bercanda tentu bisa dibedakan. Kita kedepankan langkah-langkah persuasif dulu,” ujarnya.

Meski begitu, dia mengklaim, sejauh ini belum menerima aduan terkait kejahatan siber di wilayah hukumnya, termasuk dugaan penipuan oleh akun penjual daring.

“Hingga saat ini Polda Sulsel, belum menerima laporan masyarakat dari Polres ataupun Polsek sejajaran terkait penjualan online bodong, silakan kalau ada, masyarakat boleh melaporkan,” katanya.

BACA JUGA
spot_img
spot_img
spot_img

Headline

- Advertisment -