31 C
Makassar
Selasa, Juli 5, 2022
BerandaMetropolis120.000 Warga Makassar Belum Lakukan Perekaman KTP el

120.000 Warga Makassar Belum Lakukan Perekaman KTP el

- Advertisement -

MAKASSAR, SULSELEKSPRES.COM – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Makassar manargetkan pada akhir Desember mendatang progres perekaman KTP Elektronik (KTP el) sudah mencapai angka di atas 95%.

Pasalnya, hingga pertengahan Desember saat ini masih ada sekitar 120.00 warga Kota Makassar yang belum melakukan perekaman KTP Elektronik.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil), Ariaty Puspasari, mengatakan bahwa saat ini pihaknya terus melakukan perekaman. Saat ini dia mengklaim bahwa perekaman KTP elektronik sudah mencapai 90 persen.

“Kita terus melakukan perekaman. Dan kami optimis mencapai angka 95%,” katanya, saat dikonfirmasi, Jumat (21/12/2018).

Dia mengatakan bahwa pihaknya juga terus menyosialisasikan kepada masyarakat agar melakukan perekaman untuk mencapai target dan perintah dari Pemerintah Pusat.

Karena, kata dia, pada 31 Desember 2018 mendatang adalah batas akhir dari perekaman. Sebab, Kementrian Dalam Negeri bakal memblokir data kependudukan penduduk dewasa usia di atas 23 tahun jika belum memiliki KTP elektronik.

Mereka yang datanya diblokir secara otomatis tak bisa berurusan dengan perbankan, BPJS, beasiswa, jaminan kesehatan, asuransi, dan lain-lain.

“Makanya saat ini pelayanan padat kalau tidak dilakukan updating data maka datanya akan dikunci. Itukan juga untuk merapikan data penduduk kita supaya lebih valid kan,” lanjutnya.

Penulis: M. Syawal

BACA JUGA :  Penerbitan KTP-el Sebelum Penetapan DPT Pemilu 2019
spot_img
spot_img

Headline