29 C
Makassar
Sabtu, September 25, 2021
BerandaRagam5 Hal Sebabkan Ketiak Gatal

5 Hal Sebabkan Ketiak Gatal

- Advertisement -

SULSELEKSPRES.COM – Bukan tanpa alasan mengapa ketiak Anda gatal. Ada sejumlah faktor yang ditengarai menjadi penyebab gatal, umumnya berkaitan dengan masalah kulit. Namun ada juga yang mengatakan jika gatal di ketiak bisa menjadi pertanda penyakit kanker. Benarkah demikian?

Berikut adalah penyebab ketiak gatal yang penting untuk Anda ketahui.

1. Infeksi

Salah satu penyebab ketiak gatal yang paling umum adalah infeksi. Infeksi pada ketiak ‘dilakukan’ oleh bakteri atau jamur, dalam hal ini jamur Candida albicans.

Ketiak yang terinfeksi bakteri dan jamur tidak hanya menyebabkan gatal di ketiak, namun juga muncul ruam maupun kurap.

BACA: Sering Cabut Bulu Ketiak? Waspadai Penyakit Ini

Ketiak gatal akibat infeksi umumnya berkaitan dengan gaya hidup. Anda yang kurang menjaga kebersihan tubuh termasuk area ketiak dengan baik sangat rentan untuk mengalami kondisi ini. Sejumlah kebiasaan lainnya seperti memakai pakaian yang terlalu ketat hingga berada di tempat panas juga turut berperan dalam ‘membantu’ perkembangan bakteri dan jamur hingga berujung pada ketiak gatal.

Jadi, pastikan untuk selalu menjaga kebersihan ketiak Anda termasuk rutin mencukur bulu ketiak.

2. Cara Mencukur Bulu Ketiak yang Salah

Mencukur bulu ketiak memang menjadi salah satu langkah untuk menjaga kebersihan ketiak. Kendati demikian, mencukur bulu ketiak juga harus dilakukan dengan cara yang benar karena jika tidak masalahnya akan tetap sama yaitu ketiak menjadi gatal.

BACA: Cara Memutihkan Ketiak Dengan Mentimun dan Kunyit

Seperti apa cara mencukur bulu ketiak yang salah? Tidak menggunakan shaving gel atau krim khusus adalah salah satunya. Selain itu, mencukur bulu ketiak terlalu sering juga menjadi kesalahan lainnya yang jarang Anda sadari. Alih-alih ketiak terbebas dari gatal, yang terjadi justru ketiak mengalami iritasi sehingga menyebabkan gatal.

BACA JUGA :  5 Daftar Bahan Alami yang Bisa Bantu Hancurkan Batu Ginjal
BACA JUGA :  Kim Jong Un Dikabarkan Meninggal, Keluarga Punya Riwayat Penyakit Jantung

3. Penggunaan Deodoran

Deodoran adalah produk yang diciptakan untuk menjaga ketiak tetap kering sekaligus wangi.

Ironisnya, deodoran juga menjadi salah satu penyebab ketiak gatal. Kandungan bahan kimia pada deodoran disebut-sebut dapat menyebabkan iritasi kulit ketiak. Kondisi ini akan tetapi cenderung dialami oleh orang-orang yang memang memiliki kulit sensitif.

Oleh sebab itu, baiknya Anda perlu lebih cermat dalam membeli produk deodoran. Alangkah baiknya untuk meminta saran dokter perihal jenis deodoran yang sesuai dengan kulit Anda.

4. Intertrigo

Intertrigo adalah kondisi di mana terjadi iritasi akibat peradangan (inflamasi) pada sejumlah lipatan kulit, salah satunya ketiak.

Intertrigo disebabkan oleh sejumlah faktor, seperti:

*Cuaca panas
*Ketiak sangat lembap
*Sirkulasi udara di area ketiak sangat terbatas (biasanya karena memakai pakaian ketat)
*Terjadi gesekan pada area ketiak

Intertrigo bisa menjadi penyebab ketiak gatal yang Anda alami. Selain gatal, ruam adalah gejala intertrigo lainnya. Gatal di ketiak akibat intertrigo ini acap kali sampai terasa perih sehingga perlu ditangani secepatnya agar tidak mengganggu.

BACA JUGA
spot_img
spot_img
spot_img

Headline

IDR - Indonesian Rupiah
USD
14.283,7
EUR
16.740,7
JPY
129,0
KRW
12,1
MYR
3.410,2
SGD
10.554,2
BACA JUGA :  Cara Mengobati Sariawan yang Alami, Dijamin Ampuh!
- Advertisment -